Skip to main content

Cara Mengatasi Memori Internal Android Penuh

Smartphone sudah menjadi barang wajib yang digunakan setiap hari untuk menunjang semua kegiatan yang kamu lakukan. Seperti browsing untuk mencari informasi atau tugas, mendengarkan musik, bermain game dan tentu saja berkomunikasi dengan orang lain. Tapi kadang ada saja masalah yang menggangu smartphone kamu, seperti contohnya memori internal Android penuh tanpa sebab. 

Kezz App

Tentu saja masalah seperti itu membuat kamu risih dan sangat terganggu. Oke, di artikel kali ini Kezzy mau ngasih tips dan trik mengatasinya.

Cara Mengatasi Memori Internal Android Penuh

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah memori internal Android penuh, seperti menginstall aplikasi pihak ketiga atau sebagainya. Tapi kali ini Kezzy akan memberikan tips mengatasi memori internal Android penuh yang sangat sederhana dan tanpa menginstal aplikasi apapun.

Tips Mengatasi Memori Internal Penuh


1. Menghapus Foto dan Video yang Merangkap atau Sudah Tidak di Gunakan

Saat ini variasi dan merek smartphone memang sudah sangat banyak. Di tambah dengan fitur yang semakin canggih dan memanjakan penggunanya. Cotohnya kamera yang saat ini sudah dibuat sedemikian rupa yang membuat kamu semakin nyaman untuk mengambil foto atau video. Saking asyiknya mengambil foto atau video, sampai membuat kamu tidak sadar sudah banyak foto  dan video yang tidak terlalu penting membuat memori internal kamu menjadi penuh.

Kezz App

Sepertinya sudah waktunya untuk membereskan dan membersihkan foto-foto atau video mana yang sudah tidak kamu butuhkan. Jika kamu masih ragu untuk menghapusnya secara permanen kamu bisa memindahkan terlebih dahulu foto-foto dan video tersebut ke media penyimpanan lain seperti flash drive atau mungkin ke dalam PC/laptop kamu.

2. Menghapus File yang Sudah Tidak Terpakai Dari Hasil Download Dalam Browser

Apakah kamu sering mengunduh file menggunakan browser Android kamu? Jika iya, sebaiknya kamu coba mengecek kembali file yang sudah kamu unduh tersebut, mungkin saja ada file berukuran besar yang sudah tidak kamu perlukan lagi. Hal ini tentu saja akan membuat memori internal kamu menjadi sesak.

kezz app

Pada browser Chrome, file yang sudah di unduh biasanya masuk ke memori internal dan berada di folder Download, sedangkan untuk UCBrowser biasanya masuk di memori internal dan berada dalam folder UCBrowser. Nah, kamu tinggal mengecek dan menghapus file yang kamu rasa sudah tidak terpakai lagi.

3.Hapus Cache Pada Aplikasi

Yang selanjutnya adalah dengan menghapus cache pada aplikasi yang sudah terinstall. Contohnya seperti Google Map, karena saat kamu menggunakan Google Map untuk bepergian ke suatu tempat dan menggunakan mode offline map maka hal seperti inilah yang akan membuat memori internal kamu menjadi sesak dan cepat penuh.

Kezz App

Cara menghapusnya, kamu bisa masuk kedalam aplikasi Google map, kemudian pilih menu yang terletak di sebelah kiri atas, pilih Offline Areas. Setelah itu kamu akan menemukan pilihan untuk menghapus Oflline Area.

4. Menghapus Sinkronisasi Playlist Pada Pemutar Lagu yang Sudah Tak Terpakai

Pada aplikasi pemutar musik online seperti JOOX dan sebagainya, biasanya memberikan pilihan untuk menyimpan dan memilih playlist lagu favorit kamu. Di aplikasi ini kamu akan diberikan kemudahan dalam mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline. Tapi hal ini juga yang bisa menyebabkan memori internal penuh.

Cara untuk menghapusnya sangat mudah, kamu tinggal masuk ke aplikasi JOOX. Masuk ke menu utama dengan mengklik gambar foto di bagian kiri atas, setelah itu masuk ke menu setting dan clear data. kamu tinggal hapus yang kamu rasa sudah tidak di perlukan.

Dan untuk Google Play Music, kamu bisa masuk ke Manage Downloads dari Menu Setting. Kamu akan melihat daftar lagu yang kamu miliki, dan kamu tinggal memberikan ceklis untuk lagu yang ingin kamu hapus dari playlist.

5. Menghapus Game dan Aplikasi yang Sudah Tidak Terpakai 

Saking banyaknya aplikasi dan game gratis kadang membuat kamu lupa diri, dengan mengunduh sebanyak mungkin aplikasi dan game yang kamu mau dan membuat memori internal kamu menjadi penuh. karena, mungkin saja aplikasi atau game lama kamu masih terinstall di Android, padahal sudah lama tidak di mainkan.

kezz app

Beberapa aplikasi atau game kadang ada yang mempunyai ukuran yang lumayan besar, khususnya game HD bisa mempunyai ukuran ratusan MB. Nah, jika memang game yang kamu install sudah lama tidak kamu mainkan sebaiknya kamu menguninstall saja karena hanya akan membuat memori internal kamu penuh.

Nah itulah beberapa tips yang Kezzy punya untuk mengatasi memori internal Android penuh, memang sedikit ribet tetapi cara diatas cukup efektif. Namun jika kamu tidak ingin pusing dengan cara di atas kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menunjang Android kamu dalam kondisi terbaik. Jika kamu punya tips lain untuk mengatasi memori internal penuh kamu bisa berbagi di kolom komentar ya!

Comments