Skip to main content

5 Fitur Terbaru Instagram yang wajib Kamu Ketahui

Akhir tahun 2016 sepertinya menjadi tahun yang sangat menyenangkan untuk penggemar setia Instagram. Pasalnya setelah diakuisisi oleh Facebook, aplikasi berbagi foto dan video ini terus berbenah dan terus menghadirkan fitur terbaru untuk memanjakan penggemar setianya.

Foto : DetikInet

Di awali dengan fitur zoom foto sampai penanyangan iklan yang lebih interaktif, dan inilah 5 fitur terbaru Instagram yang wajib kamu ketahui.

Fitur Tebaru Instagram

1. Zoom (31 Augustus)

Akhirnya secara resmi Instagram meluncurkan fitur untuk memperbesar foto, kamu hanya perlu "mencubit" atau menggunakan dua jari tangan pada layar smartphone. Butuh waktu sampai 6 tahun untuk menunggu Instagram menambahkan fitur ini, tercatat tanggal 31 Agustus 2016 fitur zoom foto sudah bisa di nikmati oleh semua pengguna Instagram.

2. Save Draft (30 September)

Mungkin kamu pernah merasa kesal, saat ingin upload foto atau video tapi tanpa sengaja kamu menekan tombol back. Tentu saja hal tersebut menyebabkan kamu harus mengupload ulang foto tersebut. Namun sekarang  Instagram telah menghadirkan fitur Save Draft, jadi foto atau video yang akan kamu upload akan tersimpan secara otomatis. Hanya saja fitur ini hanya berlaku untuk foto atau video yang sudah di beri caption atau sudah di edit di Instagram terlebih dahulu.

3. Story Tricks (10 November)

Setelah memperkenalkan Instagram Story, Instagram juga menampilkan fitur Boomerang yaitu fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagikan seluruh momen pribagi yang terekam di smartphone. Boomerang akan menampilkan rangkaian foto atau video secara unik dan menarik.

Mulai sekarang kamu juga dapat menandai (tagging) teman dalam setiap ceritamu, sama seperti caption foto yang menggunakan @ didepan nama. Fitur tag ini juga akan memberikan notifikasi dalam pesan pribadi kepada orang yang kamu tandai.

4. Disappearing Messages (November 21)

Namun sepertinya Instagram sedikit menjiplak konsep dari Snapchat. Terbukti dari setiap pembaruan yang dilakukan banyak fitur yang dianggap mirip dengan fitur Snapchat, contohnya Instagram Stories dan yang terbaru Instagram juga meluncurkan fitur Disappering Messages.

Selain membuat Story, kamu juga bisa mengirim pesan yang bisa di terima oleh banyak orang hanya dengan mengetuk panah yang ada dikanan bawah layar.

Tetapi berbeda dengan Snapchat yang memberikan waktu 24 jam sebelum pesan yang kamu kirim bisa menghilang secara otomatis, di Instagram pesan yang kamu kirim akan segera menghilang setelah orang yang kamu kirimi pesan membaca pesan tersebut. Selain itu, Instagram juga akan memberikan notifikasi jika ada seseorang yang mengambil screenshot di pesan pribadi yang kamu kirim.

5. Live Video (SEGERA)

Empat fitur diatas sudah bisa kamu nikmati saat ini, tapi kabarnya Instagram sedang mengembangkan fitur terbaru mereka yaitu Instagram Live Stories. Fitur ini memungkinkan kamu untuk live streaming seperti Facebook Live atau Periscope.

Menurut kabar yang didapat dari situs resmi Instagram, kamu bisa menyiarkan video secara langsung dari menu utama hanya dengan menggeser kekanan di feed, dan klik tombol Live dibagian bawah layar untuk memulai live streaming.

Saat sedang live streaming, Instagram akan menampilkan informasi mengenai siapa saja yang sedang menyaksikan live streaming dibagian atas layar, lengkap dengan komentar dan reaksi dibawahnya.

Saat siaran langsung, kamu akan ditampilkan informasi siapa saja yang sedang menonton di bagian kanan atas layar, lengkap dengan komentar dan reaksi di bawahnya.

Kamu juga bisa memberikan komentar pribadi atau mematikan komentar sepenuhnya, jika kamu ingin merasakan Instagram Live Stories kamu bisa mencobanya dengan cara live streaming di Instagram live stories.

Itulah 5 Fitur Tebaru Instagram, mungkin banyak pro dan kontra karena ada beberapa pihak yang menganggap Instagram tidak kreatif dengan menjiplak beberapa fitur di Snapchat. Namun Kezzy pikir itu semua tidak masalah karena Instagram tetap mempunyai kelebihan tersendiri sebagai salah satu sosial media terpopuler dan telah mempunyai penggemar sendiri.

Comments