Skip to main content

4 Cara Mudah Menghilangkan Iklan di Android

Cara Mudah Menghilangkan Iklan di Android – Bermain game atau aplikasi di smartphone Android adalah kegiatan yang sangat menyenangkan untuk mengisi luang. Apalagi sekarang sudah tersedia begitu banyak game dan aplikasi yang di tawarkan secara gratis untuk memanjakan para pengguna smartphone Android.


Meski gratis, tetap saja game dan aplikasi tersebut memilki beberapa kekurangan. Contohnya saja, sering muncul iklan yang keluar saat kita sedang asik memainkan game atau aplikasi tersebut. Tentu saja hal ini sangat menggangu kenyamanan saat bermain game atau aplikasi di smartphone Android.

Pada umumnya, game gratis lebih banyak memunculkan iklan daripada game premium atau berbayar. Jika kamu sedang asyik bermain game atau aplikasi Android dan tidak suka dengan iklannya, kamu bisa mencoba tips dari Kezzy untuk menghilangkan iklan di Android.

Cara Menghilangkan Iklan di Android


1. Aktifkan Mode Pesawat

Cara paling mudah untuk menghilangkan iklan di smartphone Android adalah dengan mengaktifkan opsi mode pesawat atau Airplane Mode. Karena pada umumnya iklan yang masuk ke Android membutuhkan akses internet saat muncul.


Dengan menonaktifkan data internet, tentu saja bisa mencegah munculnya iklan pada game atau aplikasi yang sedang kamu mainkan. Namun sayangnya, hal ini tidak bisa digunakan jika game atau aplikasi yang kamu jalankan membutuhkan koneksi internet. Karena game online tidak bisa dimainkan tanpa koneksi internet.

2. Membeli Game atau Aplikasi Premium



Biasanya, developer game atau aplikasi gratis terkenal memberikan sebuah opsi ad-free yang bisa dibeli oleh penggunanya. Fitur ini akan memberikan kamu game atau aplikasi yang sudah di upgrade ke versi tanpa iklan.

Selain itu, kamu juga membantu pihak developer dengan menghargai karyanya dan mendukung developer tersebut untuk terus mengembangkan game atau aplikasi buatannya.

3. Gunakan AdBlock

Selanjutnya, cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan iklan di Android adalah dengan memasang AdBlock pada smartphone Android kamu. AdBlock akan memfilter koneksi internet kamu dan memblokir iklan yang masuk ke smartphone Android kamu.

Contoh AdBlock yang sering digunakan adalah AdClear, karena aplikasi ini tidak membutuhkan akses root. Untuk cara penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan cara:
  • Download AdClear, kemudian instal di smartphone Android kamu.
  • Buka aplikasi AdClear, lalu klik tombol Power untuk mengaktifkannya.
  • Lalu akan muncul pop up pemberitahuan VPN klik Ok. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Jika iklan belum hilang, buka kembali AdClear, lalu pilih Advance Protection.
  • Pilih Enable Advance Protection, AdClear akan meminta untuk menginstal sertifikat, pilih saja tombol Ok.

4. Instal Aplikasi AdAway

Hampir sama dengan AdClear, AdAway adalah sebuah aplikasi AdBlock yang biasa digunakan untuk memfilter iklan yang masuk ke smartphone Android. Aplikasi ini sangat efektif untuk menghilangkan iklan yang masuk ke smartphone Android, tapi sayangnya aplikasi ini membutuhkan akses root agar bisa di jalankan.

Cara mengunakannya sangat mudah, yaitu:
  • Pastikan Android kamu sudah di root.
  • Download AdAway (https://f-droid.org/repository/browse/?fdid=org.adaway), kemudian instal di smartphone Android kamu.
  • Buka aplikasi AdAway, kemudian pilih “DOWNLOAD FILES AND APPLY AD BLOCKING”.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai, lalu reboot atau restart smartphone.
  • Selesai, sekarang iklan di smarthone kamu sudah hilang.

Nah, itulah 4 cara menghilangkan iklan di Android, sejauh pengalaman Kezzy, empat cara diatas adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan iklan di smartphone Android. Namun, jika kamu punya cara atau rekomendasi lain untuk menghilangkan iklan di smartphone Android, jangan lupa di share ya di kolom komentar. See you!

Comments