Skip to main content

Solusi Untuk Mengatasi Baterai Smartphone Tidak Bisa Di-Charge

Solusi Mengatasi Baterai Smartphone Tidak Bisa Di-Charge - Segala sesuatu membutuhkan energi agar bisa digunakan, begitu juga dengan smartphone. Jika digunakan secara terus-menerus seperti bermain game, browsing, mendengarkan musik, dan lainnya pasti akan kehabisan baterai. Meski sudah diberikan baterai dengan kapasitas yang besar sekalipun, pasti kamu pernah merasakan yang namanya kehabisan baterai dan harus di cas ulang.

Kezz App

Bahkan jika smartphone yang kamu gunakan sudah cukup berumur, biasanya ada saja masalah yang di alami. Mulai dari kurang sensitifnya layar, baterai cepat habis, dan yang paling sering adalah baterai tidak bisa diisi ulang atau di-charge. Jika kamu pernah mengalami masalah sepeperti itu, Kezzy punya solusi unruk mengatasi baterai smartphone yang tidak bisa di charge.

Solusi Untuk Mengatasi Baterai Tidak Bisa Di-Charge


Siapa yang tidak kesal jika sedang asyik bermain smartphone eh tanpa sadar kehabisan baterai, dan apesnya lagi pas mau di cas malah tidak bisa. Jika kamu pernah mengalami nasib sial seperti ini, Nih Kezzy sarankan kamu melakukan langkah-langkah berikut:

1. Restart Smartphone



Cara paling mudah untuk mengatasi baterai smartphone tidak bisa diisi ulang adalah dengan merestart smartphone. Karena bisa saja smartphone tidak bisa di-charge gara-gara kehabisan RAM, dengan merestart smartphone biasanya cache yang menumpuk di RAM bisa kembali bersih.

2. Melakukan Kalibrasi Baterai


Setelah di-restart indikator baterainya malah bertambah! Wah, sepertinya baterai meter smartphone kamu mulai error. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan kalibrasi baterai agar kembali normal.


Dengan melakukan kalibrasi baterai, maka kamu telah me-reset baterai meter yang error serta menstimulus baterai agar kembali ke siklus awalnya. Selain itu, kalibrasi baterai juga bisa membuat performa baterai kembali normal.


3. Cek Adapter Charger



Kalau kamu sering memakai adapter abal-abal atau palsu, biasanya ada saja masalah yang akan dialami, seperti baterai tidak bisa di-charge. Solusinya kamu bisa mencoba memakai adapter charger ori bawaan smartphone. Jika cara ini belum berhasil, kamu bisa mencoba untuk memakai adapter charger yang memiliki Ampere lebih besar.

4. Cek Port USB Smartphone


Karena kurang diperhatikan, tanpa sadar port USB longgar atau sudah banyak debu yang menumpuk di dalam port USB, padahal hal ini menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan baterai smartphone tidak bisa di-charge.


Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan tusuk gigi atau lidi untuk mengembalikan posisi port USB yang longgar atau meniup port USB dengan tujuan membersihkan debu yang menghalangi arus listrik.

5. Perhatikan Tegangan Listrik


Hal paling penting yang harus kamu perhatikan saat ingin mengisi ulang baterai adalah sumber listrik di tempat kamu apakah memiliki daya yang cukup untuk mengisi ulang atau tidak.


Jika ternyata sumber daya listrik di tempat kamu lebih rendah dari angka yang tertera di adapter, wajar saja jika baterari smartphone kamu tidak bisa diisi ulang. Selain itu, jika sering mengisi ulang baterai di sumber daya yang rendah bisa berakibat smartphone cepat rusak.

6. Menggunakan Charger Dekstop


Adapter charger atau port USB smartphone kamu sudah dipastikan rusak? Maka solusi terbaik yang bisa kamu ambil adalah dengan membeli charger desktop.


Charger desktop bisa dijadikan alternatif saat charger bawaan kamu rusak. Tapi pastikan kamu memakai smartphone yang banterainya bisa di copot, karena kalau kamu menggunakan smartphone unibody tentu cara ini tidak bisa dipakai.

Nah, itulah cara mengatasi baterai smartphone tidak bisa di-charge, jika ke enam cara di atas tidak bisa mengatasi masalah kamu, sepertinya sudah saatnya kamu membeli smartphone baru. Kalau kamu sudah membeli smartphone baru, sebaiknya tidak asal menggunakan charger, kamu harus bisa membedakan charger ori dan KW agar tidak terulang masalah baterai smartphone tidak bisa di-charge.

Sekian tips dari kezzy tentang cara mengatasi baterai smartphone tidak bisa di-charge, semoga bisa membantu dan bermanfaat buat kamu, iya kamu! jika kamu punya kritik atau saran, share yuk di kolom komentar. See you!

Comments