Skip to main content

Cara Mudah Mengatasi Google Play Store Error

Cara Mudah Mengatasi Google Play Store Error - Google Play Store adalah sebuah platform untuk mendistribusikan berbagai media dan aplikasi yang disediakan oleh pihak developer melalui perantara Google untuk digunakan oleh pengguna smartphone Android. Dengan kata lain kamu bisa mendapatkan aplikasi, game, dan konten digital untuk smartphone Android menggunakan Google Play Store.

Kezz App

Jadi bisa dibilang Google Play Store merupakan salah satu aplikasi vital untuk pengguna smartphone Android. Namun kadang kala, ada saja masalah yang yang dialami oleh pengguna smartphone Android seperti Google Play Store Error, proses download gagal, Google Play Store tidak dapat dibuka dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Google Play Store Error


Beberapa masalah yang sering terjadi di Google Play store antara lain:
  • Google Play Retrieving Information From Server
  • Google Play Error 491
  • Google Play Error RPC
  • Google Play Error No Connection
Nah itulah beberapa masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone Android. Apakah kamu pernah mengalami masalah seperti itu? Atau mungkin kamu sedang mencari solusi untuk mengatasi Google Play store error? Jika ya, Kezzy punya solusi untuk mengatasi Google Play Store error tersebut, dan inilah cara mengatasinya:

1. Periksa Tanggal dan Waktu


Google sangat sensitif soal tanggal dan waktu, ketika kamu membuka Play Store dan pengaturan tanggal dan waktu di smartphone Android kamu tidak sesuai, maka Google Play Store akan mengalami masalah.

mengatasi-google-play-store-error

Untuk mengatasinya, kamu tinggal merubah tanggal dan waktu di smartphone Android kamu, Kezzy sarankan pilih saja format penteteksi tanggal dan waktu otomatis. Namun jika Google Play Store masih error, cobalah atur tanggal dan waktu secara manual.

2. Periksa Koneksi Internet


Google Play Store membutuhkan koneksi internet yang stabil. Jadi pastikan koneksi internet di smartphone kamu tidak sedang bermasalah.

mengatasi-google-play-store-error
Hal ini mungkin terlihat sepele, namun pengaruhnya sangat besar. untuk mengatasinya, cobalah beralih dari data seluler ke jaringan WiFi atau sebaliknya.

3. Update Google Play Store


Biasanya Google Play Store akan melakukan pembaruan secara otomatis. Tapi ada beberapa kasus Google play store tidak ter-update secara otomatis. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab Google Play Store error.

mengatasi-google-play-store-error

Pastikan Google Play Store yang kamu pakai merupakan versi terbaru, jika ternyata masih menggunakan versi lama cobalah untuk update secara manual, caranya bisa baca: Cara update Google Play Store manual.

4. Update Google Play Services


Selain memakai Google Play store versi terbaru, kamu juga harus menginstal Google play Services versi terbaru. Karena Google Play Store membutuhkan Google Play services agar bisa beroperasi. 

mengatasi-google-play-store-error

Jika Google Play Store error, coba cek versi Google Play Services yang kamu pakai. Jika ternyata masih memakai versi lama segera lakukan pembaruan.

5. Clear Cache and Data Pada Google Play store


Mungkin karena terlalu banyak cache yang tersimpan menyebabkan Google Play Store error. Dalam beberapa kasus, masalah ini bisa diselesaikan dengan mengosongkan cache.

mengatasi-google-play-store-error

Cara mengatasinya, masuk ke menu Setting > pengelola aplikasi > pilih Google Play Store > kemudian klik tombol Clear Cache. Jika cara ini belum mengatasi masalah google Play Store Error, coba hapus data pada aplikasi Play store dengan klik tombol Clear Data.

6. Sign-in Ulang


Jika kelima cara diatas belum mengatasi Google Play Store error, cobalah untuk mengatur ulang akun Google yang tersimpan di smartphone Android kamu.

mengatasi-google-play-store-error
Caranya, hapus akun Google yang ada, kemudian masukan kembali akun tersebut. Bisa juga memakai akun Google lain atau membuat dan mendaftar akun Google yang baru.

7. Nonaktifkan VPN


Menggunakan VPN memang sangat membantu, karena bisa digunakan untuk mencari informasi menarik tanpa terhalang internet positif. Bahkan dengan menggunakan VPN kamu bisa menginstal aplikasi Play Ptore dari Negara lain yang tidak tersedia di Indonesia.


Namun penggunaan VPN bisa menjadi salah satu faktor penyebab Google Play store error. Untuk mengatasinya kamu tinggal menonaktifkan VPN ketika ingin membuka Google Play store.

Itulah cara mengatasi Google Play Store error, pastinya akan sangat menyebalkan ketika ingin mengunduh aplikasi atau game di Google play Store tapi malah terjadi error. 

Sekian tips dari Kezzy semoga cara diatas bisa mengatasi masalah Google Play Store Error di smartphone Android kamu, jika kamu punya kritik dan saran share yuk di kolom komentar. See you!

Comments