Cara Agar Android Tidak Lemot

Cara Agar Android Tidak Lemot

Memang tidak bisa di pungkiri, saat ini Android merupakan OS yang paling populer di jajaran smartphone. Tentunya di imbangi dengan meningkatnya jumlah pengguna yang ditunjang dengan produsen smartphone yang semakin bertambah dan beragam, yang bersaing menawarkan smartphone dengan spesifikasi rendah hingga tinggi.


Namun, tidak semua orang bisa mempunyai smartphone dengan spesifikasi tinggi, dan terkadang pengguna smartphone dengan spesifikasi rendah sering mendapatkan berbagai kendala dari segi hardware yang mereka miliki.

Cara Agar Android Tidak Lemot


Sebelum Kezzy memberikan Cara Agar Android Tidak Lemot, ada baiknya kamu mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan Android menjadi lemot, yaitu.

Faktor Penyebab Android Lemot!


RAM (Memory) Anroid Terlalu Kecil

Ini merupakan faktor utama yang menyebabkan Android kamu terasa lemot. Karena untuk menjalankan aplikasi seperti Facebook, Twitter, Instagram dan yang lainnya membutuhkan RAM yang cukup besar, contohnya RAM 512 atau 1GB sekalipun akan terasa lemot jika semua aplikasi tersebut di jalankan secara bersamaan. Jadi, saat kamu akan membeli smartphone berpikirlah bijak dalam memilih spesifikasi smartphone.

Processor yang Minim

Processor merupakan otak dari smartphone, jadi processor juga bisa dijadikan patokan penyebab Android kamu terasa lemot. Karena pada dasarnya Android merupakan OS berbasis multi-tasking, tentunya akan berpengaruh jika kamu melakukan multi-tasking dengan Android yang menggunakan processor Single Core. Untuk itu di sarankan menggunakan processor Dual-Core, Quad-Core atau bahkan Octa-Core.

Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan di Background

Walaupun kamu menpunyai Android yang memiliki RAM 1GB atau bahkan 2GB tapi biasanya semakin lama kamu menggunakannya akan terasa semakin lemot juga, kenapa? Itu karena ada beberapa aplikasi yang telah kamu tutup, tapi tidak sepenuhnya berhenti. kadang ada beberapa aplikasi yang tetap berjalan di backgroud seperti Facebook, Twitter, Instagram, BBM dan aplikasi chat lainnya.

Selain Android kamu lemot mungkin kamu pernah juga mengalami aplikasi yang tiba-tiba menutup sendiri ketika di jalankan atau Force Close. Hal ini mungkin di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu.

Aplikasi Tiba-Tiba Force Close!


Sisa RAM Sangat Minim

Lagi-lagi masalah RAM, memang perangkat yang satu ini merupakan perangkat yang sangat vital di setiap smartphone. Misalkan saja kamu memiliki RAM 512 MB, kemudian menjalankan aplikasi secara bersamaan tentunya akan ada aplikasi yang akan di hentikan secara paksa yang menyebabkan aplikasi tersebut Force Close.

File Korup atau Aplikasi Tidak Support

Tapi perlu di ingat kejadian Force Close tak selalu di sebabkan oleh masalah RAM. Ada juga faktor yang di sebabkan oleh pemasangan aplikasi yang memang tidak kompatibel dengan device tetapi tetap di paksakan untuk di pasang, tentu saja aplikasi itu akan Force Close.

Lalu bangaimana mengatasi masalah lemot tersebut? Oke, langsung saja Kezzy akan memberikan beberapa Cara Agar Androi Tidak Lemot.

Cara Agar Android Tidak Lemot!


Jangan Memasang Aplikasi Messaging Terlalu Banyak

Ini merupakan masalah klasik yang paling sering di temui oleh pengguna Android, mereka dengan serakahnya menginstall aplikasi Instant Messaging seperti Facebook, Wechat, BBM, WhatsApp, Line dan lainnya secara bersamaan. Padahal belum tentu aplikasi tersebut akan terpakai semuanya. Padahal aplikasi tersebut masih akan terus berjalan di background meskipun kamu tidak memakainya, yang akan terus memakan RAM kamu setiap saat.
Oleh karena itu pilihlah dengan bijak, aplikasi mana yang sekiranya memang kamu butuhkan, dan mana yang harus kamu hapus.

Menghapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Walau tidak seperti Instant Messaging yang memakan RAM dengan rakus, tapi aplikasi yang tidak terpakai juga hanya akan menjadi sampah di memori internal Android, yang akan membuat kinerja Android kamu tidak optimal. Lebih baik kamu menghapus aplikasi yang kamu rasa tidak penting dan jarang kamu pakai agar peforma Android kamu kembali optimal.

Jangan Memasang Launcher Tambahan

Kembali ke masalah RAM, kinerja Android akan terasa lebih berat jika harus menggunakan Launcher tambahan. Memang dari segi tampilan Android akan terlihat lebih bagus tapi di sisi lain Launcher tambahan mempunyai sisi negatif, seperti lemot dan boros baterai.

Memakai Aplikasi Task Killer Manager

Untuk mematikan aplikasi yang terus berjalan di backgroud kamu bisa menggunakan aplikasi Task Killer manager.

Mungkin itu cara agar Android tidak lemot, lalu bagaimana mengatasi aplikasi yang sering Force Close?

Mengatasi Aplikasi Force Close!


Batasi Penggunaan App Widget dan Live Wallpaper

Melihat Home Screen yang elegan mungkin akan membuat kita merasa puas, tapi jika hal itu berdampak pada kinerja Android yang akan terganggu sebaiknya tidak memasang aplikasi yang kurang penting seperti Widgat atau Live Wallpaper.

Selalu Memasang Aplikasi Resmi

Maksudnya aplikasi resmi adalah aplikasi yang di sediakan oleh developer aslinya, jangan menggunakan aplikasi yang sudah di modifikasi. karena aplikasi yang sudah di modifikasi biasanya sudah di tambah berbagai fitur yang lebih memberatkan dari aplikasi aslinya. selain lebih aman aplikasi resmi juga lebih mudah di dapatkan karena biasanya sudah tersedia di Google Play Store.

Jangan Root Android Jika Tidak Tahu Fungsinya

Root memang merupakan hal umum yang biasa dilakukan oleh sebagian besar pengguna Android, tetapi jika kamu belum faham fungsi dan tujuan Root Android sebaiknya kamu tidak perlu melakukannya karena mungkin saja membuat kestabilan system terganggu.

Itulah beberapa Cara Agar Android Tidak Lemot, jika kamu punya tips lain yang bisa meningkatkan kinerja Android silahkan berbagi di kolom komentar.



2 komentar:

  1. Wah hati-hati tuh, jangan Root kalo ga tau mo ngapain jelasnya sih ya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bukan cuman root kan gan, apapun juga kalo ga tau maksud dan tujuannya kayanya jangan di lakuin deh

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top