Skip to main content

Cara Install Play Store Yang Hilang Atau Belum Terinstall

Google Play Store adalah sebuah layanan konten dari Google yang menyediakan beragam aplikasi atau game untuk perangkat Android, layanan ini bisa di akses melalui web atau melalui aplikasi di perangkat Android (Play Store). Biasanya untuk perangkat Android aplikasi Play Store sudah terinstall dari awal pembelian. Namun, kadang ada juga smartphone baru yang ternyata belum terpasang Google Play Store, misalnya saja produk dari Xiaomi dengan garasi distributor biasanya belum terinstall aplikasi ini.

Kezz App

Lalu bagaimana cara menginstall Google Play Store di Android yang belum terpasang atau hilang? Tenang saja, karena Kezzy akan membantu kamu untuk Install Play Store Yang Hilang Atau Belum Terinstall secara step by step.

Cara Install Play Store Yang Hilang Atau Belum Terinstall


Cara ini juga bisa dipakai untuk kamu yang gemar berganti-ganti kostum ROM, yang kebetulan ROM yang kamu pakai belum di lengkapi dengan Play Store atau kamu yang memang mempunyai masalah dengan Google Play Store atau ingin memperbarui Play Store ke versi terbaru.

Install Google Play Store


Unduh File Apk Google Play Store


Kezz App

Sebelum menginstall Google Play Store tentu kamu harus mencari dahulu file mentah/master APK Play Store, kamu bisa mencarinya di toko pihak ketiga. Tapi perlu diingat, sebaiknya kamu tidak mengunduh APK sembarangan. Pilih penyedia APK yang sudah terpercaya dan sudah pasti amam. Misalnya saja APKMirror.com, dan berikut cara mencarinya.
  1. Buka situs APKMirror.com dari browser kamu.
  2. Pada kolom Search cari "Play Store".
  3. Setelah pencarian selesai maka akan muncul beberapa versi file APK untuk Google Play Store.
  4. Pilih yang sesuai dengan perangkat Android kamu.
Kalau kamu bingung menentukan versi yang cocok untuk perangkat Android kamu, kamu bisa melihat halaman FAQ APKMirrror untuk melihat lebih jelas keterangannya. Jika ternyata kamu salah dalam memilih versi Play Store, tenang tidak perlu khawatir karena proses installasi akan otomatis gagal ketika APK yang kamu install tidak kompatibel.

Cara Install Play Store

Jika kamu sudah selesai mengunduh APK Google Play Store kamu tinggal menginstallnya, namun jika kamu mengunduhnya lewat komputer kamu harus memindahkan terlebih dahulu file APK nya ke perangkat Android kamu. Sebelum melakukan installasi, jangan lupa mengaktifkan terlebih dahulu Unknown Sources atau sumber tidak di ketahui di perangkat Android kamu, caranya:
  1. Masuk ke menu Setting atau pengaturan di Android kamu
  2. Cari Security, kemudian pilih.
    Kezz App
  3. Lalu aktifkan pilihan Unknown Sources.
  4. Kemudian, masuk ke File Manager.
    Kezz App
  5. Cari APK Google Play Store yang telah kamu unduh, kemudian install.

Update Google Play Store

Selesai, sekarang Google Play Store sudah terinstall di Android kamu. Jika ternyata Google Play Store kamu bukan versi terbaru, dan kamu ingin memperbaruinya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Kezz App

  1. Buka Play Store.
  2. Usap layar dari kiri ke kanan sampai muncul menu utama, kemudian pilih Setting.
  3. Selanjutnya geser ke bawah dan cari Play Store Versions, klik saja untuk mendapatkan versi terbarunya (dengan catatan perangkat kamu kompatibel dengan versi terbaru dan wilayah kamu sudah mendapat update terbaru).
Bagaimana, cukup mudahkan? Itulah Cara Install Play Store Yang Hilang Atau Belum Terinstall.
Selamat mencoba!

Comments