Skip to main content

Kebiasaan Yang Menyebabkan Gadget Gampang Rusak

Di jaman serba canggih seperti ini siapa sih yang tidak mempunyai gadget untuk mempermudah kegiatan? Saya yakin deh, pasti kamu memiliki smartphone, tablet atau bahkan laptop kan? Dan bahkan bisa saja salah satunya adalah gadget kesayangan kamu yang selalu kamu pakai setiap hari untuk berbagai macam aktivitas.

Kezz App

Saking sayangnya mungkin kamu selalu membawa kemanapun gadget kesayangan mu sampai tidak bisa terpisahkan. Nah, agar tidak gampang rusak dan bisa awet kamu kadang harus memperlakukan gadget kesayanganmu secara khusus dan hati-hati.

Kebiasaan yang Menyebabkan Gadget Gampang Rusak.


Saat menggunakan gadget memang biasanya tergantung dari kenyamanan. Tapi apakah kamu sudah mengunakan gadget kamu secara benar? Karena kalu salah, justru akan membuat gadget kesayangan mu gampang rusak. Seperti kebiasaan berikut yang bisa menyebabkan gadget kamu gampang rusak.

Inilah Kebiasaan yang Menyebabkan Gadget Mudah Rusak


1. Sering Ngecas Terlalu Lama


Kezz App

Memang pada umumnya smartphone atau gadget jaman sekarang sudah di lengkapi dengan teknologi yang canggih yang bisa menghentikan aliran listrik saat batrai sudah terisi penuh. Tapi ternyata itu bukan jaminan aman 100% untuk batrai kamu. Karena akan lebih baik kalau kamu mencabut pengisi baterai ketika indikator pengisian telah mencapai 90%, tidak usah mencapai 100%. selain bisa membuat awet baterai kamu juga bisa menghemat pemakaian listrik dirumah.

2. Ngecas HP Saat Baterai Telah Habis Total


Kezz App

Apakah kamu sering membiarkan baterai smartphone mu sampai habis total? kalau sering, sepertinya kebiasaan itu harus segera di hentikan, karena dalam kondisi 0% ternyata baterai beresiko kehabisan daya yang menyebabkan cepat aus. serta baterai akan memerlukan waktu yang lebih lama saat proses pengisian. Jadi sebaiknya kamu mengisi ulang baterai saat berada di level 10-20%, dan juga tidak disarankan untuk mengisi ulang baterai lewat laptop!

3. Sering Menggunakan Charger Abal-abal


Kezz App

Sekarang di pasaran memang banyak yang menawarkan adapter charger yang di lengkapi dengan kemampuan fast charging. Tapi faktanya mengisi baterai mengunakan charger palsu atau abal-abal ternyata berbahaya karena output dari chager tersebut tidak sama dengan charger bawaan. Yang bisa menyebabkan baterai akan cepat rusak.

4 Ngecas Smartphone Sambil Memakai Case Tambahan


Kezz App

Memakai case tambahan seperti hardcase, softcase atau bumper memang membuat smartphone menjadi terlihat keren dan aman. Tapi ternyata case yang terpasang saat proses isi ulang baterai bisa membuat baterai cepat rusak, karena case yang di gunakan akan membuat aliran panas di permukaan smartphone menjadi terhalang. Jadi ada baiknya lepaskan case saat pengisian baterai.

5. Pengisian Baterai Laptop Secara terus-menerus


kezz App

Mungkin wajar jika kamu terus-terusan mengecas laptop saat sedang digunakan, karena takut kehabisan baterai. Padahal sebaiknya kamu membiarkan baterai laptop mu kosong 0% setiap 3 bulan sekali untuk menjaga akurasi status battery bar.

6. Memangku Laptop Saat di Nyalakan


Kezz App

Menonton Film sambil senderan di atas kasur menang menjadi posisi paling favorit di tambah memangku laptop atau menyimpannya di atas bantal, padahal posisi seperti ini justru akan membuat sirkulasi panas akan terganggu yang dapat menyebabkan laptop menjadi overheat . Jadi ada baiknya menggunakan laptop di atas tempat yang datar atau alat khusus yang sudah di lengkapi dengan pendingin.

7. Jarang Membersihkan Laptop


Kezz App

Minimal 2 kali dalam satu tahun ada baiknya kamu membersihkan bagian dalam laptop. Ini bertujuan agar kinerja laptop kamu tetap terjaga. Saat terdengar suara bising dari dalam laptop sebaiknya segera bongkar dan bersihkan agar kinerja laptopmu kembali kencang dan nyaman.

8. Meletakan Gadget Secara Sembarangan


Kezz App

Kebiasaan seperti ini memang yang paling banyak di alami, padahal ada baiknya kita tetap menjaga dan menyimpan gadget kita di tempat yang seharusnya. karena selain membuat gadget kita menjadi awet juga bisa memudahkan kita saat mencari gadet tersebut.

Comments