Skip to main content

Modern Combat 5, Game Shooter Dengan Jalan Cerita Terbaik

Bisa di bilang ada perubahan yang cukup signifikan di seri Modern Combat 5 yaitu di ubahnya feel di Single Player, yang bisa di anggap sebagai perbahan yang positif tapi mungkin saja ada juga yang menganggap ini sebagai sebuah kemunduran. Yang jelas saat Saya mencobanya, Saya membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Secara singkat Saya akan mencoba menggambarkan pengalaman Saya bermain game Modern Combat 5 ini.



Modern Combat 5, Game Shooter Dengan Jalan Cerita Terbaik


Bagaimana si jalan ceritanya?

Sepertinya Modern Combat 5 ingin mengambil latar belakang yang berbeda dengan seri Modern Combat sebelumnya.Meskipun Helikopter, Bomb dan Tank masih menjadi ciri khas dari gameplaynya tapi kali ini Gameloft sebagai developer game tersebut tidak lagi mengambil tema teroris atau sebuah kelompok yang bertujuan menghancurkan dunia.
Di awal-awal kita masih di buat bingung dengan gambaran pertempuran antara pihak baik dan pihak jahatnya.

Menurut Saya opening dari Modern Combat 5 adalah salah satu opening game terbaik yang pernah Saya coba, kita akan memulainya dengan mendekati musuh di sebuah perairan dan mulai melakukan aksi tembak menembak yang sangat luar biasa dan di tutup dengan pertempuran menembaki sebuah Helikopter.

Ciri khas dari Film Hollywood yang memacu adrenalin dan penuh aksi juga terlihat jelas di beberapa adegan di game Modern Combat 5 ini. Tapi setelah itu kita di bawa ke Zona baru dan kita di hadapkan adegan dengan tempo yang cukup lambat, yang belum pernah kita rasakan dari seri sebelumnya.



Di awal scene kita terbangun di sebuah Rumah Sakit yang sedang mengalami kerusuhan dan kita tidak di bekali senjata sama sekali, setelah adegan itu kita baru bisa mengumpulkan senjata dan bersiap melawan musuh. Sampai pada akhirnya kita bertemu dengan seorang yang memakai Armor Baja dan weapon yang membuat Kita kerepotan.

Sampai di bagian ini saya sudah berpikir, yeaaah saatnya kita kembali ke aksi brutal tapi saya merasa sedikit heran dan merasa pengalaman bermainnya menjadi sedikit aneh. Setelah saya mencoba menyimpulakan ternyata kita adalah seorang Agen dari sebuah organisasi pengamanan swasta dan dengan memakai latar belakang seperti itu maka kita bisa menjalani misi sampingan yang bervariasi tergantung permintaan klien.

Memang cukup masuk akal karena di ceritakan sebagai kita sebagai tentara bayaran yang bisa di beri misi apa saja, tapi sebenarnya ini membuat cerita dasarnya sedikit menyimpang.



Kaya gimana si gameplaynya?

Di Modern Combat 5 ini kita di beri 6 chapter dimana setiap chapternya akan di bagi menjadi 3 mode utama (cerita utama, misi sampingan dan mode multiplayer tapi masih dengan misi). Dalam mode sampingan ini kamu akan di minta menyelesaikan 3 sampai 6 misi singkat yang cukup bervariasi mulai dari Breaching, Defend sampai Assasination. Ketika kita menjalankan misi Saya rasa ini tidak ada jalan ceritanya sama sekali dan rasanya mirip dengan Contract Killer.

Eits tapi jangan salah sangka dulu karena misi variasi ini sangat menyenangkan untuk di mainkan dan mempunyai gameplay yang solid dan bukan misi sampingan semata, walaupun tetap saja membuat sedikit bingung dengan kontribusinya terhadap cerita utama.

Di tuntut mengambil keputusan penting dengan jeda waktu yang sempit.
Fitur baru dimana kita bisa menggerakan peluru yang kita tembakan.

Di Modern Combat 5 juga kita bebas mlakukan pergantian senjata sesuai kemauan kita di setiap misinya. Di seri sebelumnya kita hanya bisa melakukannya di dalam mode multiplayer, tapi kali ini Gamloft memasukannya kedalam mode single player. Jadi kita bisa dengan bebas memilih senjata dan berbagai equipment yang kamu inginkan sebelum kita memulai misi.

Tapi tetap saja kita harus jeli dalam memilih senjata dan harus pintar-pintar melihat situasi, misalkan kita menggunakan shotgun untuk pertarungan jarak jauh itu merupakan hal yang sangat konyol.



Kedua fitur ini (Side Mission dan Loadout) memang meberi kesan yang cukup berbeda pada mode single player yang sudah terkenal linear (hampir di semua seri single player FPS sejenis seperti Battlefield 4 atau Call of Duty : Ghost) tapi tetap saja hal ini membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Apakah Modern Combat 5 layak di coba? 

Jawaban saya, Ya..!!! Walaupun dari jalan cerita sedikit membingungkan tapi dari segi gameplay sangat seru untuk di mainkan. Di tambah grafis yang tidak usah di ragukan lagi, membuat pengalaman Anda saat bermain game menjadi sangat menegangkan namun tetap menyenangkan.

Comments