Cara Agar Layar Sentuh Android Kembali Sensitif

Advertisments

Advertisments
Touchscreen atau layar sentuh merupakan salah satu komponen paling penting yang ada pada smartphone Android, karena selalu mengalami kontak langsung dengan si pemakai biasanya layar sentuh menjadi komponen yang paling cepat mengalami kerusakan. Entah itu hang, dead pixel atau bahkan retak.


Cara Agar Layar Sentuh Smartphone Android Kembali Sensitif


Berkurangnya sensitivitas layar biasanya menjadi masalah yang paling sering dialami oleh pengguna smartphone layar sentuh. Dan masalahnya, saat ingin menggati layar sentuh harganya cukup mahal! Maka dari itu, agar layar sentuh kamu tetap awet Kezzy punya cara agar layar sentuh Android kembali sensitif.

Cara Agar Layar Sentuh Android Kembali Sensitif

Saat layar sentuh Android kamu sering mengalami masalah, mungkin kamu pernah berpikir untuk mengganti smartphone baru. Padahal bisa saja masalah yang di alami layar sentuh smartphone kamu cuman gara-gara sedikit gangguan hardware atau software, dan masih bisa di atasi.
Beberapa faktor yang menyebabkan layar sentuh kurang senseti, yaitu:
  1. Output berlebih dari charge bukan bawaan smartphone.
  2. Terlalu banyak mengaktifkan animasi.
  3. Pernah terjatuh atau terbentur.
Untuk mengembalikan sensetivitas Android, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut:

1. Mengurangi Skala Animasi Layar 

Sensitivitas layar tidak dipengaruhi oleh skala animasi di smartphone, melainkan hanya sebuah software yang akan merespon setiap perintahmu. Jadi semakin tinggi settingannya maka akan semakin lama responnya, sehingga sensitivitas layar akan terasa hilang.

Kezz App

Untuk menonaktifkan skala animasi layar, kamu bisa masuk ke menu Setting > Developer Option. Kemudian cari Windows Animation Scale, Transition Animation Scale dan Animator Duration Scale, lalu ubah angkanya ke .5x saja!

2. Install Pixel Fixer

Layar kurang sensitif juga bisa menjadi salah satu tanda adanya dead pixel di layar smartphone. Salah satu cara untuk mengatasinya dengan memberikan rangsangan sinyal dinamis yang bisa dihasilkan oleh aplikasi Pixel Fixer.


Selain bisa memperbaiki dead pixel, diharapkan aplikasi ini membuat layar smartphone kamu kembali sensitif.

3. Berhenti Menggunakan Charger Bukan Bawaan

Meskipun ukuran konektornya sama, bukan berarti charger smartphone orang lain bisa dipakai sesuka hati. Karena bisa saja tegangan output yang dihasilkan berbeda dengan charger asli smartphone kamu. 

Kezz App

Masalahnya, output listrik yang terlalu tinggi akan membuat lonjakan arus pada layar smartphone, hal ini menyebabkan adanya arus listrik di permukaan layar yang bisa membuat layar smartphone Android menjadi ngaco.

Jika hal seperti ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama akan berakibat layar smartphone menjadi kurang sensitif.

4. Cabut Anti Gores atau Tempered Glass

Anti gores atau tempered glass memang membuat layar menjadi lebih aman dan mencegah layar pecah atau tergores.

Kezz App

Tapi, pemasangan tempered glass bisa juga menjadi faktor yang mengurangi sensitivitas layar. Jadi saat sesitivitas smartphone kamu bermasalah, kamu bisa mencabut tempered glass untuk mengembalikan sensitivitas layar smartphone kamu.

Itulah empat cara agar layar sentuh Android kembali sensitif. Tapi perlu diingat, jika semua tips yang Kezzy berikan tidak berhasil, mungkin memang sudah saatnya kamu membeli smartphone baru atau di sevis ke counter langganan kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


EmoticonEmoticon