Skip to main content

Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Ada yang bilang Android tanpa kuota itu bagai sayur kurang garam, karena memang hampir sebagian besar penggunaan Android membutuhkan koneksi internet. Seperti chatting, browsing bahkan bermain game, kebaanyakan merupakan game online. Saking asiknya menggunakan smartphone kadang kamu tidak sadar bahwa kuota internet kamu sudah semakin menipis, padahal kamu sudah berusaha memilih konten mana yang harus di buka dan mana yang tidak, tapi tetap saja kamu kebablasan dalam menggunakan kuota internet.

Kezz App


Berarti cara yang kamu pakai untuk menghemat kuota internet belum efektif. Lalu bagaimana cara yang ampuh untuk menghemat kuota internet? Tenang, Kezzy punya cara yang jitu untuk menghemat kuota internet, yang bisa kamu coba.

Cara Menghemat Kuota Internet di Android


1. Hindari Penggunaan Aplikasi Facebook

Siapa sih yang tidak punya akun Facebook? Sepertinya kamu akan merasa jadul banget kalau belum punya akun sosial media yang satu ini. Tapi ternyata aplikasi Facebook yang ada di Android merupakan salah satu aplikasi yang menguras kuota intertet sangat banyak, selain itu Facebook juga salah satu faktor penyebab baterai kamu cepat habis.

Kezz App

Lalu bagaimana jika ingin mengakses Facebook? Mungkin kamu bisa menggunakan alternatif lain untuk membuka Facebook, seperti menggunakan browser Chrome, UCBrowser atau juga Opera Mini. Memang si banyak aplikasi alternatif lain untuk mebuka Facebook, yang mengklaim konsumsi data bisa hemat sampai 50% seperti Facebook Lite, tetapi tetap saja aplikasi semacam itu tetap saja boros dan kalah hemat dengan aplikasi browser yang sudah Kezzy sebutkan diatas.

2. Mengompres Halaman Pada Google Chrome

Jika kamu orang yang gemar surffing di dunia maya menggunakan Google Chrome, Kezzy yakin tips yang satu ini akan sangat berguna buat kamu. Dengan mengaktifkan opsi Data Saver yang di sediakan Chorme, kamu bisa menghemat penggunaan data hingga 30-35%.

Kezz App

Memang penggunaan Data Saver sedikit berefek memperlambat menjelajah di dunia maya. Tetapi tidak akan terlalu parah kok, untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke ikon opsi di sebelah kanan, kemudian pilih Setting dan pilih Data Saver.

3. Menggunakan Fitur Opera Untuk Mengompresi Video

Opera adalah salah satu browser Android yang mempunyai fitur yang sangat menarik, salah satunya yaitu fitur yang memungkinkan kamu untuk mengompresi video saat kamu berselancar di dunia maya. Karena sudah jelas menonton video secara streaming, sangat menguras pemakaian kuota internet.

Kezz App

Dengan fitur ini kamu tidak perlu khawatir untuk streaming video. Sudah pasti fitur ini akan sangat membantu kamu saat ingin menghemat kuota internet, untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke aplikasi Opera jika kamu belum mempunyainya kamu bisa mengunduhnya disini kemudian pilih Setting, klik Data Saving.

4. Gunakan Aplikasi dan Game Offline

Kalau kamu seorang gamers, pasti tidak lengkap rasanya jika Android kamu tidak tersedia game untuk di mainkan. Namun untuk bermain game di Android kamu harus memilih beberapa game yang ingin kamu mainkan jika kamu berniat untuk menghemat kuota internet kamu. karena Game di Android kebanyakan membutuhkan akses internet untuk memainkannya.


Jadi kamu bisa mencari game offline yang tidak memerlukan akses internet saat dimainkan, hanya membutuhkan kuota saat proses pengunduhannya saja.

5. Batasi Penggunaan Data di Background

Selanjutnya cara yang paling sederhana untuk menghemat kuota internet adalah dengan membatasi penggunaan data di aplikasi yang berjalaan di latar belakang. Backgroud Data merupakan pemborosan data yang yang biasanya tidak kamu sadari, seperti sinkronisasi email, update feed, widget cuaca dan lainnya.

Kezz App

Jadi sebaiknya kamu menonaktifkannya dengan cara masuk ke menu Setting, pilih Data Usage, kemudian pilih Restrict Bacground Data. Jika kamu ingin memilih aplikasi mana yang ingin kamu nonaktifkan secara manual kamu bisa mengunjungi setiap aplikasi yang sudah kamu install, contohnya kamu ingin menonaktifkan email, kamu bisa masuk ke Setting, masuk ke Account, Google, lalu nonaktifkan Auto Sync.

6. Mendengarkan Musik Secara Offline

Mendengarkan musik biasanya sudah menjadi hobi untuk sebagian orang, begitu juga memutar musik favorit lewat smartphone kesayangan. Di tambah layanan streaming music di smartphone semakin menjamur seperti JOOX, Spotify, Vie atau bahkan Youtube Music. 

Kezz App

Padahal menggunakan aplikasi ini membuat penggunaan kuota internet kamu akan cepat habis. Akan lebih bijak kamu menyimpan musik favorit mu secara offline untuk menghemat kuota internet kamu.

7. Gunakan Map Offline


Kezz App

Google Map memang sangat membantu saat kamu mencari alamat atau sedang tersesat, tetapi tahukah kamu bahwa aplikasi ini sangat menguras pemakain kuota internet? Maka sebaiknya kamu menyiapkan Map Offline jika ingin mencari alamat atau bepergian ke daerah asing.

8. Jangan Terlalu Sering Download dan Upload Foto atau Video

Begitu banyak moment seru yang sering kita abadikan dengan ber-selfie ria,memotret atau bahkan merekamnya lewat video. Nah, kebiasaan ini biasanya akan lansung kamu upload ke media sosial untuk di bagikan ke orang lain. Namun sayangnya tanpa sadar biasanya akan menyedot kuota yang cukup besar.

Kezz App

Karena smartphone zaman sekarang sudah di lengkapi dengan resolusi kamera yang cukup baik, sehingga kualitas yang di padat akan sangat memuaskan tetapi ternyata menghasilkan ukuran gambar atau video yang sangat besar. misalkan satu foto berukuran 10 MB, berarti 10 foto bisa mencapai 100 MB dan seterusnya. Jadi jika kamu ingin menghemat kuota internet ada baiknya memilih foto atau video terbaik saja yang kamu upload.

9. Manfaatkan Spot Wifi Sebaik Mungkin


Kezz App

Nah, biasanya inilah spot yang paling di cari oleh para penggemar gadget. Saat kamu berada di cafe atau tempat nongkrong manapun yang menyediakan koneksi Wifi, gunakanlah sebaik mungkin. Jangan pernah malu atau ragu untuk menanyakan password Wifi kepada pelayan yang ada di tempat tersebut.

Oke itulah beberapa tips yang Kezzy punya untuk menghemat kuota internet, apakah kamu sudah menerapkannya? Jika belum tidak ada salahnya mencoba cara diatas, agar uang jajan kamu tidak cepat habis hanya untuk membeli paket data. Jika kamu punya tips lain untuk menghemat kuota internet, kamu bisa berbagi di kolom komentar!

Comments