Skip to main content

Cara Mengirim Aplikasi Android Lewat BBM

Cara Mengirim Aplikasi Android Lewat BBM – Saat ingin mengirim sebuah aplikasi di smartphone Android biasanya kita menggunakan fitur bluetooth atau menggunakan aplikasi SHAREit yang memanfaatkan jaringan wifi lokal antar pengguna Android. Namun kedua cara diatas mempunyai keterbatasan yaitu hanya bisa mengirim file aplikasi (APK) dalam jarak yang tidak terlalu jauh, lalu bagaimana jika kita ingin mengirim file aplikasi (APK) kepada teman yang jauh? Tenang, Kezzy punya cara untuk mengirim file aplikasi (APK) lewat BBM.


BlackBerry Messenger atau sering disingkat BBM adalah salah satu instant messenger yang cukup popular. Selain untuk chatting, mengirim foto ataupun voice note. Ternyata aplikasi BBM bisa juga digunakan untuk mengirim file aplikasi (APK) yang biasanya mempunyai ukuran file cukup besar. Lalu bagaimana cara mengirim aplikasi Android lewat BBM?

Cara Mengirim Aplikasi Android Lewat BBM


Tidak perlu ribet, karena caranya sangat mudah dan Kezzy yakin kamu pasti bisa melakukannya. Nih, buat kamu yang sudah penasaran dan ingin tahu cara mengirim aplikasi Android lewat BBM, langsung saja simak caranya berikut ini.

Mengirim Aplikasi Lewat BBM

  1. Pertama download aplikasi Clean master.
  2. Kemudian install aplikasi tersebut di smartphone Android kamu.
  3. Buka atau jalankan aplikasi Clean Master.
  4. Pilih tab menu App Manager untuk melihat ukuran file aplikasi yang akan kamu kirim.
  5. Jika ukuran file aplikasinya kurang dari 16 MB maka aplikasi tersebut bisa dikirim lewat BBM.
  6. Pilih aplikasi yang akan kamu kirim, kemudian klik Backup.
  7. Secara otomatis Clean Master akan membackup file APK dari aplikasi yang telah kamu pilih dan menyimpannya di folder sdcard/Clean Master/Backup.
  8. Setelah proses backupnya selesai buka aplikasi BBM.
  9. Cari kontak teman yang akan kamu kirimi aplikasi tersebut.
  10. Klik kirim file, kemudian cari file APK di folder sdcard/Clean Master/Backup.
  11. Selanjutnya klik Send.
  12. Minta teman kamu untuk meng–accept file tersebut.
  13. Tunggu sampai proses pengiriman aplikasi (APK) selesai.
Selain menggunakan Clean Master kamu juga bisa menggunankan aplikasi lain untuk membackup aplikasi yang telah terinstal di samrtphone Android kamu seperti App Backup & Restore atau yang lainnya. Mungkin cara membackup apliksainya saja yang cukup berbeda, tapi untuk mengirim file aplikasinya sama seperti poin nomor 9 sampai selesai.

Nah, itulah cara mengirim aplikasi Android lewat BBM. Bagaimana, cukup mudah bukan? Sebagai catatan, agar proses pengiriman aplikasinya berjalan dengan lancar pastikan koneksi internet kamu cepat. Sekian tips dari Kezzy, semoga bisa membantu. Jika kamu punya cara lain yang lebih mudah atau punya kritik dan saran share yuk di kolom komentar. See you!

Comments