Skip to main content

Cara Menyembunyikan Folder di Android Tanpa Aplikasi

Siapa sih yang tidak punya rahasia? Mungkin setiap orang mempunyai sebuah rahasia, bukan saja rahasia tentang kejadian yang telah di alami, bahkan bisa saja koleksi berbagai macam file yang kamu miliki.

Cara Menyembunyikan File atau Folder di Android


Beberapa tahun lalu, mungkin kamu menyimpan file koleksi kamu di PC atau laptop. Namun sekarang rata-rata orang menyimpan file rahasinya di smartphone, dengan tujuan untuk memudahkan saat ingin mengakses karena memang akan sangat mudah dan bisa dibuka dimana saja.

Agar koleksi pribadi kamu tetap aman dan tidak di ketahui oleh orang lain, sebaiknya kamu menyembunyikan file tersebut. Maka dari itu Kezzy akan memberikan cara menyembunyikan folder di Android agar rahasia kamu tidak diketahui oleh orang lain.

Cara Menyembunyikan Folder di Android


Sebenarnya banyak aplikasi file manager yang sudah menyediakan fitur untuk menyembunyikan atau menghidden file atau folder, namun terkadang karena alasan tertentu kamu malas untuk menginstal aplikasi file manager dari pihak ketiga. Mungkin karena takut memori internal kamu penuh atau memang karena batasan system yang membuat smartphone kamu tidak bisa untuk menginstal file manager lain. Jika seperti itu, nih Kezzy punya cara menyembunyikan folder di Android tanpa Aplikasi tambahan.

Menyembunyikan Folder di Android

Jika kamu termasuk orang yang malas untuk menginstal aplikasi dari pihak ketiga, kamu bisa menyembunyikan folder yang berisi foto atau video pribadi kamu dengan cara:
  • Simpan file foto, video atau file lainnya, yang ingin kamu sembunyikan dalam satu folder.
  • Selanjutnya, kamu tinggal klik tobol titik tiga di kanan atas untuk Rename folder yang sudah kamu siapkan dengan menambahkan tanda titik ”.” di depannya. Pastikan tidak ada karakter lain seperti spasi antara titik dan nama di folder tersebut.
  • Maka folder tersebut akan hilang secara otomatis.
  • Setelah selesai file foto atau video yang kamu sembunyikan tidak akan muncul lagi di galeri atau aplikasi pemutar video.
  • Jika kamu ingin menampilkan kembali folder yang telah kamu sembunyikan, kamu bisa masuk ke menu setting lalu hilangkan tanda ceklis di “Show hidden File”.
  • Kemudian folder yang telah kamu sembunyikan akan muncul, kamu tinggal Rename ulang untuk menghapus tanta titik nya.
  • Sekarang file atau folder tersebut sudah kembali seperti semula.
Sangat mudah bukan? Sekarang kamu tidak perlu repot menginstal aplikasi lain hanya untuk menyembunyikan file atau folder di Android. Selamat mencoba!

Comments