Cara Unroot Android Secara Manual, Tanpa PC

Advertisments

Advertisments
Dengan berbagai macam alasan, bukan tidak mungkin kalau kamu melakukan root pada smartphone Android milikmu. Salah satu alasan yang paling umum saat kamu hendak root smartphone Android adalah akibat fitur bawaan yang terbatas. Karena dengan root banyak kemudahan yang bisa kamu dapatkan di smartphone.

Kezz App

Cara Unroot Android Tanpa PC


Meskipun memberikan kelebihan dalam menambahkan fitur lain, tetapi ngeroot Android ternyata mempunyai beberapa kelemahan. Salah satunya adalah bisa menghilangkan status garansi smartphone Android kamu. Lalu jika smartphone rusak, cara mengklaim garansinya gimana dong? Tenang, masih banyak cara kok, untuk unroot Android kamu agar bisa klaim garansi kembali!

Cara Unroot Android


Setelah di artikel sebelumnya Kezzy memberikan cara root Asus Zenfone 4S, kali ini Kezzy akan meberikan cara unroot Android. Mungkin, ada dari kamu yang membutuhkan garansi mu balik lagi, jadi Android kamu harus di unroot dulu.

Cara Unroot Android Secara Manual

Seperti yang sudah kamu ketahui, banyak cara yang bisa dilakukan untuk root smartphone Android. mungkin ada yang memakai Framaroot, Kingroot dan yang lainnya, dan masing-masing cara tentu memiliki akses root yang berbeda. Maka untuk proses unroot nya pun pasti berbeda. Tapi dengan unroot secara manual kamu bisa menghapus semua akses root apa pun dengan aman.

Jadi Caranya :

  1. Buka aplikasi file manager yang mendukung akses root di Android kamu. Misalnya Root Explorer, ES File Explorer atau X-Plore Manager, jika belum ada kamu bisa mendownloadnya terlebih dahulu.
  2. Setelah itu masuk ke direktori root/” (Kezzy memakai Root Explorer). 
  3. Cari folder /system/bin/. Selanjutnya cari file su di folder bin, lalu hapus. Jika tidak ada, file su nya berada di folder /system/bin/ext
  4. Kemudian Buka folder /system/xbin/, dan cari file su lagi, lalu hapus.
  5. Langkah selanjutnya adalah menghapus aplikasi Super SU atau KingRoot dari system di Android kamu. Caranya buka folder /system/app/ cari file SuperSU.apk atau Kinguser.apk (tergantung yang kamu pakai) di folder yang sesuai, lalu hapus.
  6. Lalu restart Android kamu, setelah selesai maka akses root di Android kamu telah hilang tanpa jejak. (sebagai catatan, semua resiko di tanggung oleh kamu sendiri).


Bagaimana, mudah bukan cara unroot android dengan metode manual seperti ini? Selain mudah dan bisa digunakan untuk mendapatkan kembali akses garansi di smartphone kamu, cara unroot seperti ini juga bertujuan untuk memberikan info tentang fungsi direktori root di smartphone Android yang sudah diroot.

Intinya direktori root bukan hanya untuk memodifikasi system Android saja. Tetapi kebalikannya juga, karena bisa dipakai untuk menghapus akses root di Android kamu. Selamat mencoba!

18 komentar

Thank you infonya ;)

saya coba caranya dulu gan

buat hh nya apa nih , tkut bootlop saya

Hmhm kalau di unroot ada resikonya tidak gan?

izin mencoba caranya

Wah kalau buat hp java ada :v tak coba nanti kalau ada andro

aku unroot samung j5 kok ttp ga bisa ya :(

Oh gitu caranya, biasanya klo nge root hp saya lewat PC :D
Oke nanti saya coba

Oke sama-sama gan

Buat semua hh, kalo soal bootlop itu udah resiko dari root juga kan?

Nggak ada resikonya si, cuman otomatis hh kembali ke setingan pabrik jadi ga bisa instal beberapa aplikasi roted

Nggak ada gan, sip deh

Mungkin ada cara yg terlewat gan


EmoticonEmoticon