Skip to main content

Android Kamu Tidak Support Game HD? Coba Tips Berikut Untuk Mengatasinya

Siapa si yang ga suka main game? Kezzy yakin banyak dari kamu yang sering melakukan kegiatan ini untuk sekedar mengisi waktu luang, atau mungkin ada dari kamu yang bahkan jadi Pro Gamer? Bermain game memang sangat seru, apalagi sejak smartphone Android mendominasi pasar gadget, menjadikan hobi bermain game bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan sangat mudah.


Hanya saja, yang namanya game terkadang miliki syarat minimum yang harus di penuhi agar game tersebut dapat di mainkan, terutama game HD. Pasti kamu ga mau kan? Sudah cape-cape download eh malah gamenya ga support, pasti rasanya nyesek banget!

Maka dari itu, saat kamu sudah mendowload game dan ternyata game tersebut tidak support, jangan panik karena Kezzy punya beberapa tips mengatasi game HD yang tidak support.



Mengatasi Game HD yang Tidak Support


Pasti bakalan kesel banget saat teman kamu asik main game HD, tapi kamu cuma bisa bengong karena RAM kamu yang seuprit, OS kamu ga support dan banyak lagi faktor yang bikin Android kamu ga support. Oke, biar kamu ga kesel lagi, coba nih tips dari Kezzy, siapa tahu bisa mengatasi masalah kamu.

Tips Mengatasi Android Tidak Support Game HD


Mengaktifkan Auto Detect

Jika game yang ingin kamu mainkan support Auto Detect untuk membaca spesifikasi Smartphone kamu, coba deh untuk menghidupkan opsi tersebut. Setelah di aktifkan biasanya game akan menyesuaikan settingan yang pas untuk spesifikasi smartphone yang kamu punya.

Kezz App

Memang beberapa game kebanyakan sudah Auto Detect. Tapi jika memang tidak ada fitur tersebut, kamu tinggal mengaktifkan pengaturan gamenya. Bakalan rugi kan, udah download gede tapi gamenya ga bisa di mainkan?

Setting Resolusi Se-Minimal Mungkin


Kezz App

Tapi jika memang ternyata tidak di sediakan pengaturan Auto Detect, kamu bisa mencoba mengatur secara manual. Sesuaikan dengan spesifikasi smartphonemu, atau coba atur ke pengaturan paling minimal untuk grafisnya.

Root Android Kamu

Jika tips pertama dan kedua sudah di coba, dan ternyata game kamu masih belum bisa di mainkan. berarti memang resource smartphone kamu tidak mendukung. Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba root Android kamu.

Kezz App

Karena dengan root smartphone, saat RAM kurang kamu bisa mencoba mempartisi memori untuk menambah RAM Android kamu. Seandainya grafis tidak mendukung , kamu bisa mengakalinya dengan tweak GPU. Dan saat system operasi kamu belum mendukung, kamu bisa menginstall kostum ROM. Semua bisa di atasi jika smartphone kamu sudah di root.

Cari dan Pasang Patch yang Pas

Masih ingat kan kasus game Clash Royale dan Pokemon Go yang dulu belum rilis untuk Indonesia, tapi tetap saja ada beberapa orang Indonesia yang bisa memainkannya? Itu di sebabkan karena adanya glitch dalam game yang bisa di akali atau memang ada pihak yang memberikan patch khusus agar game tersebut bisa di mainkan.

Kezz App

Jadi kamu tinggal mencari di Google, patch yang tepat untuk mengakali game yang tidak support di smartphone kamu.

Membeli Smartphone Baru

Jika semua cara di atas sudah kamu coba tapi ternyata tidak mengatasi masalah kamu, sepertinya sudah saatnya kamu bersabar. Ya, bersabar siapa tahu developer game tersebut mengupdate versi gamenya agar bisa support untuk smartphone kamu.

Kezz App

Tapi jika kamu bukan orang yang sabaran dan ingin sesegera mungkin memainkan game tersebut cara paling mudah adalah dengan membeli smartphone baru yang memang sudah support dengan game yang ingin kamu mainkan.

Itulah beberapa tips untuk Mengatasi Game HD yang Tidak Support di Android, memang cara yang paling efektif adalah cara yang terakhir tetapi tidak ada salahnya mencoba mengakalinya terlebih dahulu. Jika kamu punya tips atau trik lain kamu bisa berbagi di kolom kementar! 

See you, happy gaming!

Comments