Mengenal Nenek Moyang Smartphone Android

Mengenal Nenek Moyang Smartphone Android

Tidak ada yang meragukan lagi, untuk saat ini Android menjadi sistem operasi smartphone paling popular. Lihat saja, begitu banyak orang menggunakan smartphone berbasis robot hijau ini.

Google sebagai developer memperkenalkan Android pertama kali pada tahun 2007. Setelah itu beberapa vendor mulai gencar memperkenalkan hadset Android buatannya.

Sekedar untuk bernostalgia, Kezzy punya beberapa model pertama smartphone Android dari beberapa vendor terkenal,dan inilah 5 nenek moyang smartphone Android.

Nenek Moyang Smartphone Android


1. HTC Dream


Image : Detik Inet

Diberi nama HTC G1 atau dikenal juga dengan nama HTC Dream adalah salah satu smartphone Android yang pertama masuk ke pasar gadget. Smartphone ini pertama kali rilis pada tahun 2008 di Inggris dan Amerika Serikat.

Dari segi bentuk, HTC Dream memiliki bentuk yang cukup unik karena dibekali layar slider dan ditambah keyboard full qwerty, serta dibenamkan Android versi 1.6. Prosesor pun hanya 528 MHz, namun pada zamannya sudah terhitung cukup kuat. Smartphone yang satu ini menandai debut Android yang ternyata cukup berjaya, namun untuk waktu yang cukup singkat.

2. Motorola Cliq


Image : Detik Inet 

Nama besar seperti Motorola bukan jaminan untuk tetap eksis di bisnis smartphone, terbukti bisnis smartphone mereka sempat tertatih-tatih. Untung Motorola mengambil langkah yang cukup tepat dengan mengadopsi Android sebagai sistem operasinya. Pada tahun 2009 mereka meluncurkan Motorola Cliq sebagai Android pertamanya.

Motorola Cliq di motori oleh prosesor sebesar 528 MHz dan ditanamkan sistem operasi Android Cupcake. Smartphone yang satu ini cukup sukses dan menjadi awal keberhasilan smartphone Motorola berikutnya, terutama untuk seri Motorola Droid.

3. Samsung Galaxy i7500


Image : Detik Inet

Samsung memang dikenal sebagai vendor yang mengadopsi banyak sistem operasi, tentu saja mereka tidak mau ketinggalan untuk mencoba sistem operasi Andoid. Terbukti pada bulan Juni 2009, Samsung merilis smartphone Android pertamanya yang diberi nama Samsung Galaxy i7500.

Smartphone yang menerapkan full layar sentuh AMOLED ini memang kurang begitu sukses di pasaran. Namun kehadirannya menjadi cikal bakal kesuksesan Samsung di jagat smartphone Android sampai saat ini.

4. LG GW620


Image : Detik Inet

LG memulai debutnya di bisnis smartphone Android pada November 2009. Vendor yang bermarkas di Korea Selatan ini meluncurkan LG GW620, sebuah smartphone Android layar sentuh yang di bekali keyboard qwerty slider sebagai diferensiasi.

Layar sentuhnya masih resistif sehingga tidak terlalu peka dengan sentuhan. Sama seperti smartphone lain pada zamannya LG GW620 masih menggunakan prosesor 528 MHz, tentu sudah kalah jauh dengan smartphone Android zaman sekarang.

5. Sony Ericsson Xperia X10


Image : Detik Inet

Pada bulan November 2009, Sony yang ketika itu masih berkongsi dengan Ericsson memperkenalkan Xperia X10. Smartphone yang satu ini mempunyai spesifikasi yang cukup maju di zamannya, karena sudah memakai prosesor 1 GHz ditambah dengan kamera beresolusi 8 megapixel.

Smartphone ini cukup menuai sukses di pasaran. Meski kini Sony tidak lagi bermitra dengan Ericsson, namun Sony tetap meneruskan bisnis di dunia smartphone Android dan tetap setia menggunakan nama Xperia di setiap serinya.

Itulah 5 seri smartphone android yang menjadi nenek moyang Android, mungkin dari segi spesifikasi sudah kalah jauh dengan smartphone zaman sekarang. Namun tetap saja merekalah yang menjadi cikal bakal smartphone Android yang sedang kamu pakai saat ini.



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top