Tips Aman Menginstal Aplikasi Gratisan di Android

Advertisments

Advertisments
Tips Aman Menginstal Aplikasi Gratisan di Android  - Sebuah smartphone memang tidak bisa lepas dari dukungan aplikasi, karena baik hardware dan software atau aplikasi merupakan satu kesatuan dari smartphone itu sendiri. Aplikasi yang tersedia untuk smartphone Android sangat banyak, tapi Kezzy yakin aplikasi favorit kamu adalah aplikasi gratisan. Iya kan?


Aplikasi gratisan memang sebuah solusi yang sangat jitu. Jelas saja, tanpa biaya sepeserpun kamu sudah bisa menikmati aplikasi yang kamu butuhkan. Jika kamu sering berburu aplikasi gratisan dari black market, sebaiknya kamu baca tips aman menginstal aplikasi gratisan di Android.

Tips Aman Menginstal Aplikasi Gratisan di Android


Aplikasi gratis memang merupakan sebuah solusi yang sangat cemerlang untuk menyelesaikan masalah kebutuhan aplikasi kita. Namun jika kamu kurang teliti banyak bahaya dalam mengistal aplikasi bajakan atau gratisan. Oleh sebab itu, Kezzy berikan 5 tips menginstal aplikasi gratis di Android.

1. Cek Developer atau Pihak Pengembang Aplikasi Tersebut

Jika kamu mendapatkan aplikasi dari develover seperti Google, Microsoft, Facebook atau developer besar lainnya, Kezzy rasa hal ini bukan sebuah masalah. Karena sudah terjamin keamanannya, tapi yang harus kamu waspadai ketika kamu mendapatkan aplikasi dari develover kecil.

Jika kamu sudah tahu developer tersebut, sepertinya tidak ada masalah. Tapi kalau kamu belum terlalu kenal, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tentang developer tersebut. Hal ini untuk tetap waspada, agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi seperti pencurian data, adware dan lain sebagainya.

2. Cari Rangkuman atau Testimoni Pengguna Aplikasi Lain

Setelah kamu tahu kepastian dari developernya, kamu harus memastikan juga ulasan dari aplikasi yang hendak kamu instal. Jangan sampai kamu sudah terlanjur menginstal tapi aplikasi tersebut tidak sesuai dengan ekspetasi kamu, hal ini hanya merugikan kamu karena bisa membuat boros kuota.

Contohnya saja, saat kamu mencari aplikasi edit video di Android banyak bertebaran aplikasi edit video gratis. Tapi setelah di instal tidak benar-benar gratis, seperti meninggalkan watermark di hasilnya atau yang lainnya. Yang jelas hal tersebut tidak sesuai yang diharapkan.

3. Download dari Sumber yang Sudah Terpercaya

Setelah kamu yakin dengan dua hal penting yang sudah Kezzy jelaskan diatas. Sekarang kamu harus memastikan tempat download aplikasi yang hendak kamu download sudah terpercaya. Karena bukan tidak mungkin, jika kamu mendownload aplikasi dari sumber yang belum terpercaya bisa saja aplikasi tersebut sudah dimodifikasi atau bahkan sudah disisipi malware.

4. Pastikan Aplikasi Tersebut tidak disisipi Virus

Setelah kamu mendapatkan aplikasi yang kamu inginkan, ada baiknya kamu melakukan scan menggunakan anti virus. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan aplikasi, agar aplikasi yang kamu dapatkan benar-benar aman dari spyware ataupun adware.

5. Perhatikan Proses Instalasinya

Dan yang terakhir adalah, kamu harus memperhatikan selama proses instalasi sedang berjalan. Karena aplikasi gratisan biasanya memasukan aplikasi lain yang tidak kamu butuhkan. Jika dibiarkan, aplikasi yang tidak kamu inginkan hanya akan membani smartphone kamu dan memberikan efek lemot di Android kamu.

Nah itulah tips aman menginstal aplikasi gratisan di Android. Semoga tips yang Kezzy berikan bisa bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa tinggalkan kritik dan saran ya di kolom komentar.


EmoticonEmoticon