Tips Paling Aman Menjual Android Agar Data Tidak Dicuri

Tips Paling Aman Menjual Android Agar Data Tidak Dicuri

Semakin pesatnya perkembangan zaman, juga berdampak kepada semakin banyaknya produsen smartphone yang terus mengeluarkan produk terbaru yang memberikan fitur dan kecanggihan yang terus ditingkatkan. Tidak jarang banyak orang yang sering bergonta-ganti smartphone karena tertarik dengan smartphone keluaran terbaru. Namun banyak yang tidak sadar, saat akan menjual smartphone bisa saja terjadi pencurian data dari smartphone tersebut. Agar hal itu tidak terjadi, Kezzy punya tips aman menjual Android agar data tidak dicuri.


Cara Paling Aman Sebelum Menjual Android, Agar Data Tidak Dicuri


Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat hendak menjual smartphone Android bekas ke orang lain, ada baiknya kamu menyimak tips dari Kezzy berikut. Jangan sampai setelah kamu menjual smartphone terjadi pencurian data seperti memanfaatkan akun sosial media atau yang paling riskan memanfaatkan data perbankan milik kamu.

Tips Aman Menjual Android

Menurut Kezzy cara yang paling ampuh untuk mengamankan data yang tersimpan di Android adalah dengan melakukan format ulang atau melakukan reset ke settingan pabrik. Ikuti caranya sebagai berikut.

Untuk melakukan reset ke settingan pabrik di Android bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu Factory Reset dan Hard Reset. Factory Reset yaitu kamu mengembalikan Android kesetinggan awal bawaan pabrik, sedangkan Hard Reset adalah cara lain dari Factory Reset melalui fitur Rocovery Mode di Android

Cara Factory Reset

Berikut adalah step by step yang harus kamu lakukan saat ingin melakukan Factory Reset.
  1. Masuk ke menu Setting pada smartphone Android kamu.
  2. Kemudian pilih Storage.
  3. Lalu pilih Factory Data Reset, dan pilih Reset Phone.
  4. Jika kamu telah memasukan password di Android, maka kamu perlu memasukan password tersebut.
  5. Android akan restart secara otomatis, tunggu saja sampai selesai.
Dengan melakukan Factory Reset, kamu akan menghapus semua data yang ada di memori internal kamu 100% tanpa ada yang tersisa. Tentu saja cari ini ampuh untuk memastikan data kamu aman, dan tidak akan terjadi pencurian data.

Cara Hard Reset

Apabila kamu tidak bisa melakukan Factory Reset karena alasan tertentu seperti Android kamu gagal boot. Maka kamu bisa memakai cara alternatif lain untuk menghapus data di Android, yaitu dengan Hard Reset. Untuk melakukan Hard Reset kamu bisa memakai fitur Recovery Android, dan berikut caranya.
  1. Pastikan Android kamu dalam keadaan mati dan terpasang kabel charger.
  2. Tekan tombol Power dan Volume Down, tunggu hingga kamu merasakan 2x getaran.
  3. Setelah terlihat tampilan Recovery Mode, gunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk konfirmasi.
  4. Pilih Wipe Data/Factory Reset, lalu pilih Yes.
  5. Android akan restart otomatis dan tunggu sampai prosesnya selesai.
Nah, itulah tips aman menjual Android agar data tidak di curi, Kezzy sarankan untuk melakukan ini sebelum kamu menjual Android agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi dan tentu saja data pribadi kamu tetap aman. Jika kamu punya kendala atau pertanyaan silahkan tingggalkan komentar ya. Selamat mencoba!



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top