Tips Membedakan Charger Ori dan KW

Advertisments

Advertisments
Bisa dibilang baterai merupakan nyawa dari smartphone, maka dari itu sudah seharusnya baterai smartphone mendapatkan perhatian khusus. Salah satu faktor yang harus diperhatikan agar baterai tidak cepat rusak adalah kualitas charger yang digunakan. Nah, di artikel kali ini Kezzy akan memberikan tips untuk membedakan charger asli dengan yang palsu.


Cara Mudah Membedakan Charger Ori dan KW


Charger asli merupakan charger bawaan yang sudah ada satu paket dengan smartphone yang kamu beli. Namun saat charger asli kamu rusak dan kamu ingin membeli charger baru, sebaiknya kamu berhati-hati saat membeli charger. Jangan sampai tergiur dengan harga yang murah namun kualitas charger belum terjamin.

Cara Membedakan Charger Ori dan KW

Memang efek dari penggunaan charger palsu biasanya tidak dirasakan secara langsung,namun untuk beberapa kasus ada juga yang langsung merasakan akibatnya. Misalnya jika charger bawaan bisa mengisi baterai secara cepat tapi saat menggunakan charger palsu proses pengisian akan terasa lebih lambat, dan pengisian yang lambat biasanya akan berdampak pada suhu smartphone yang meningkat dan memicu baterai menjadi kembung, hingga baterai rusak.

1. Bawa Contoh Charger Asli Saat Ingin Membeli Charger Baru

Saat kamu akan membeli charger baru, ada baiknya kamu membawa contoh charger asli, ini bertujuan untuk menyamakn desain hingga angka yang tertera di adapternya. Selain itu jangan sampai lupa untuk menyamakan juga port USBnya. Jika kamu jeli, kamu tidak akan kesulitan membedakan antara charger asli dan palsu.

Membedakan Charger Ori dan KW

Banyak perbedaan mencolok yang bisa kamu lihat di adapter charger asli dan palsu. Misalnya dari desain, bentuk colokan (charger palsu kebanyakan lebih sederhana tanpa detail) sampai warna tulisan.

2. Menggunakan Aplikasi

Saat ini sudah banyak beredar charger palsu terutama pada smartphone iPhone dan Samsung. Agar kamu tidak teripu saat ingin membeli charger baru kamu bisa memakai aplikasi untuk mengecek keaslian charger. Kamu bisa menggunakan aplikasi Ampere, karena aplikasi ini bisa menghitung besar daya yang masuk ke smartphone saat di charger.

Membedakan Charger Ori dan KW

Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, kamu tinggal melakukan pengisian ulang smartphone, lalu kamu bisa melihat berapa tegangan dan arus yang masuk ke smartphone. Saat hasilnya keluar kamu bisa mencocockan hasil yang tertera dengan yang tertulis di kepala adapter, jika ternyata angka voltasenya tidak sama (dibawah setengah dari nilai voltese yang tertera) maka sudah di pastikan itu charger palsu. Apalagi jika ditambah dengan arus yang dihasilkan juga jauh lebih lemah.

3. Perhatikan Kabel USB

Selain adapter charger, sebaiknya kamu perhatikan juga kabel USB smartphone kamu. Karena selain digunakan untuk mengisi baterai, kabel USB bisa juga digunakan untuk mentransfer file dari komputer ke smartphone atau sebaliknya.

Membedakan Charger Ori dan KW

Jika kabel USB kamu tidak bisa mengisi baterai secara maksimal dan tidak bisa digunakan untuk mentransfer file, sudah dipastikan kabel USB kamu palsu. Utntuk membedakan kabel USB asli dan palsu, kamu bisa meperhatikan ketebalan serta panjang colokan USB. Biasanya charger palsu mempunyai colokan yang lebih tebal dan panjang serta mempunyai warna yang lebih gelap.

4. Usahakan Membeli di Toko Resmi

Zaman sekarang belanja online bukan hal yang aneh. Nah, jika kamu berniat membeli charger di toko online, tentu saja kamu tidak akan bisa membedakan mana yang asli dan palsu.

Membedakan Charger Ori dan KW

Untuk memastikan kamu membeli charger asli, sebaiknya kamu membeli di toko resminya. Biasanya beberapa merek terkenal sudah menyediakan layanan online untuk membeli barangnya dengan jaminan asli dan memberikan klaim garansi.

5. Jangan Tergiur Dengan Harga Murah

Ada yang bilang, ada harga ada kualitas! Begitu juga saat membeli aksesoris untuk smartphone, usahakan menjadi konsumen cerdas. Jangan mudah tergoda oleh harga yang murah namun menawarkan fitur wah. Perlu kamu tahu banyak komponen di dalam charger harus tetap safety namun kestabilan dan daya tahan di di hilangkan hanya untuk menekan harga jual.

Itulah tips penting saat kamu ingin membeli charger baru, kamu harus bisa membedakan charger Ori dan KW. Karena bukan tidak mungkin, hanya karena kamu salah pilih charger malah membuat baterai smartphone kamu rusak.
Nah, jika kamu punya tips atau pengalaman lain saat memilih chager, share yuk di kolom komentar. Terima kasih, see you!


EmoticonEmoticon