5 Aplikasi Keamanan Untuk Mencegah Pencurian Data Android

5 Aplikasi Keamanan Untuk Mencegah Pencurian Data Android

Aplikasi Keamanan Untuk Mencegah Pencurian Data Android - Banyak riset yang membuktikan, bahwa ada beberapa aplikasi yang secara sembunyi-sembunyi mengambil atau bahkan sampai mencuri data-data pribadi yang tersimpan di smartphone. Siapa sih yang tidak marah, jika hal yang berifat privasi sampai bocor ke orang lain? Apalagi, jika data yang dicuri berhubungan dengan hal yang sangat rahasia, seperti pencurian identitas atau kartu kredit.

Kezz App

Tentu saja sebagai pengguna smartphone, kamu harus lebih waspada jika tidak ingin menjadi salah satu korban pencurian data Android. Nah, salah satu cara untuk mencegahnya, kamu bisa menginstal aplikasi khusus yang bisa dipakai untuk memonitor aplikasi lain. Jadi kamu bisa mengetahui, jika ada aplikasi yang terindikasi melakukan pencurian data Android. Langsung saja Kezzy berikan 6 aplikasi keamanan Android untuk mencegah pencurian data pribadi.


5 Aplikasi Android Untuk Mencegah Pencurian Data


1. Mobile Scope


Yang pertama Kezzy punya MobileScope. Mobile Scope merupakan sebuah aplikasi yang mampu memonitor setiap aktivitas yang dilakukan oleh setiap aplikasi yang terinstal di smartphone Android kamu. Mobile Scope bisa memonitor dengan sangat detail. Sehingga, jika ada aplikasi yang diam-diam menyalin data pribadi kamu ke jaringan mereka, maka Mobile Scope bisa langsung mendeteksinya.

aplikasi-keamanan-mencegah-pencurian-data-android

Mobile Scope memang tidak bisa digunakan untuk menghentikan pencurian data. Namun dengan fitur yang ditawarkan, Mobile Scope bisa memberikan informasi, bahkan peringatan jika ada aplikasi yang mengambil data pribadi kamu. Jika kamu sudah tahu aplikasi mana yang diam-diam mencuri data pribadimu, kamu bisa langsung uninstall apalikasi tersebut.

2. Clueful Privacy Advisor


Kebanyakan pengguna smartphone Android tidak tahu dengan aktivitas yang dilakukan oleh aplikasi yang mereka download. Termasuk, jika ada aplikasi yang menyalahi aturan privasi. Maka dari itu, sebaiknya kamu menginstal aplikasi Clueful Privacy Advisor, karena aplikasi ini bisa memonitor semua aplikasi yang terinstal di smartphone Android kamu.

aplikasi-keamanan-mencegah-pencurian-data-android

Clueful memiliki fitur yang sangat unik, karena bisa menilai seberapa jauh aplikasi menilai data pribadi kamu. Setiap kegiatan akan di laporkan secara terperinci. Aplikasi ini juga bisa membuat daftar aplikasi mana yang bisa menghargai data pribadi kamu sampai aplikasi mana yang paling banyak membocorkan data pribadi kamu.

3. Skycure


Kamu sering menggunakan WiFi gratisan? Sudah tahu resikonya? Sebenarnya, menggunkan WiFi yang bisa diakses secara bebas memiliki resiko yang sangat besar, karena sangat mudah untuk direntas. Seorang hacker bisa dengan mudah membobol perangkat dan menguasai data pribadi kamu, ketika smartphone terkoneksi kejaringan publik.


Jika kamu memang sering menggunakan WiFi semacam itu, sebaiknya kamu menginstal Skycure. Karena aplikasi keamanan Android ini memiliki fitur untuk melakukan scan terhadap koneksi wireless yang terhubung dengan smartphone kamu.

Skycure akan melakukan sebuah tes untuk memastikan jaringan yang kamu pakai aman atau terindikasi ada celah yang bisa dimanfaatkan untuk merentas data pribadimu. Skycure juga memiliki fitur yang cukup handal, karena bisa mendeteksi jaringan dan menyimpan lokasi yang terindikasi tidak aman.

4. LastPass Password Manager


Banyak website yang mengharuskan membernya untuk mengatur password dengan berbagai macam syarat. Misalnya saja, password yang mereka tentukan harus berupa kombinasi huruf kapital, simbol, alfanumerik, dan lain sebgainya. Namun, semua itu kadang membuat kita susah untuk mengingatnya.

aplikasi-keamanan-mencegah-pencurian-data-android

Agar kamu tidak perlu repot untuk mengingat password yang rumit, tapi tetap memberikan keamanan, kamu bisa menginstal aplikasi LastPass Manager. Karena aplikasi ini, bisa membuat password yang cukup rumit kemudian disimpan dalam sebuah sistem yang terenkripsi sangat aman.

5. NordVPN


Browsing merupakan salah satu pintu yang paling sering digunakan untuk masuknya aplikasi berbahaya berisi malware. Pada saat kamu melakukan browsing, malware bisa dengan mudah mencuri data pribadi kamu dan membocorkannya kepihak ketiga. Biasanya hal itu diambil berdasarkan IP address yang kamu pakai. Cara mencegahnya, kamu bisa memasang VPN atau Virtual Private Network setiap kali kamu berselancar di dunia maya. Penggunaan VPN juga bisa meminimalisir jumlah data yang bisa di curi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

aplikasi-keamanan-mencegah-pencurian-data-android

Ada banyak VPN yang bisa kamu instal, salah satunya NordVPN. Aplikasi ini bisa melindungi data pribadimu dengan tidak menyimpan cache and cookies saat browsing data. Aplikasi ini mempunyai fitur yang bisa menghubungkanmu dengan hampir 50 negara dan lebih dari 450 server agar kamu bisa berselancar dengan aman.

Salah satu fitur unggulan dari NordVPN adalah Smart-Play, yaitu kamu bisa streaming dengan koneksi cepat tanpa membahayakan data pribadi kamu.


Itulah aplikasi Android untuk mencegah pencurian data yang bisa kamu instal di smartphone Androidmu. Sekarang kamu tidak perlu takut data pribadi kamu dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jika kamu punya aplikasi lain untuk mencegah pencurian data, share yuk di kolom komentar. See you!



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top