Bagian-bagian Smartphone yang Mudah Rusak

Advertisments

Advertisments
Bagian-bagian Smartphone yang Mudah Rusak - Pernah ngga si kamu megamati bagian-bagian yang ada di smartphone? Atau mungkin, kamu pernah tanpa sengaja merusak salah satu komponen penting yang ada di smartphone? Seperti halnya manusia, smartphone juga bisa mengalami kerusakan organ jika terjadi sesuatu. Sebagai penguna smartphone ada baiknya kamu tahu bagian-bagian smartphone yang mudah rusak, agar kamu bisa berhati-hati dan memberikan perlakuan khusus pada bagian tersebut.


Memang pada dasarnya smartphone sudah di desain sedemikian rupa agar memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pengguna smartphone. Namun, hampir semua smartphone mempunyai bagian vital yang sama. Agar kamu tetap waspada, Kezzy akan memberikan info tentang bagian-bagian smartphone yang mudah rusak.

Bagian Smartphone yang Mudah Rusak


1. Layar Smartphone

Screen atau layar smartphone merupakan bagian smartphone yang paling sering di sentuh. Layar adalah bagian yang mudah rusak, karena bahannya terbuat dari kaca tipis, tentu saja hal ini menjadi faktor yang menyebabkan layar mudah pecah. selain itu , karena ukurannya yang cukup luas screen menjadi bagian yang sangat rentan terkena goresan, tekanan dan gangguan lainnya. sedikit saja kerusakan yang terjadi pada  layar bisa digolongkan sebagai kerusakan fatal, karena fungsi touchscreen akan berpotensi rusak juga.


Untuk mengantisipasi kerusakan yang terjadi pada layar smartphone sebaiknya kamu menggunakan flip cover, selain melindungi bagian belakang ataupun body samping samartphone, flip cover memiliki penutup layar yang berfungsi melindungi layar dari goresan dan kotoran.  Selain flip cover, kamu juga bisa menggunakan tempered glass sebagai pengaman layar smartphone.

2. Body Samping Smartphone

Body samping smartphone merupakan bagian terluar yang rentan tergores, tertekan, tertimpa dan sebagainya. Apalagi, jika kamu menggunakan smartphone dari vendor Samsung yang mempunyai tepian samping terpisah dari body utama. Bazel pada smartphone Samsung ini sangat mudah terkelupas sehingga bisa mengurangi harga jual smartphone tersebut.


Solusi untuk mengatasinya cukup mudah, kamu hanya perlu memakai softcase, ring bumper case atau flip cover agar body samping smartphone kamu tetap aman. Namun, cara terbaik untuk menghindari kerusakan tentu saja kamu harus berhati-hati dalam memakai smartphone.


3. Port Charger

Port charger adalah bagian yang sangat penting pada ponsel pintar. Karena kalau port charger rusak, mau tidak mau kamu harus melepas baterai ketika ingin mengisi ulang baterai menggunakan charger dekstop. Lalu yang jadi masalah, bagaimana jika smartphone kamu merupakan tipe unibody atau baterai tanam? Pastinya susah dong! Colokan atau port charger adalah bagian yang sangat sering digunakan, maka dari itu port charger sangat rentan sekali rusak, kotor atau tersumbat.


Banyak sekali yang mengalami masalah pada port charger, mulai dari karatan tidak bisa charger, dan sebagainya. Cara yang paling mudah untuk merawat port chager adalah dengan menggunakan chager original karena selain mempunyai ukuran yang pas charger ori juga membuat baterai tetap awet dan tidak mudah boros. untuk itu tentunya kamu harus bisa membedakan charger ori dan KW.

4. Tombol Home

Biasanya ini menjadi masalah yang sering di alami oleh pengguna iPhone dan Samsung, karena kedua vendor ini masih menggunakan tombol home di smartphone mereka. Tombol home memiliki fungsi yang sangat beragam, sehingga sering digunakan yang berpotensi membuat tombol home mudah rusak. Kerusakan tombol home cukup beragam mulai dari hilangnya fungsi tombol, tombol tersebut copot dan lain sebagainya.


Solusi untuk membuat tombol home tetap awet adalah dengan meminimalkan penggunaan tombol home, jadi Kezzy sarankan kamu menggunakan tombol home virtual. Atau lebih baik kamu mebeli smartphone yang mempunyai tombol home berupa touchscreen.

5. Tombol Power & Volume

Tombol power dan volume merupakan tombol yang biasanya berada di samping smartphone. Tombol power dan volume sangat sering digunakan ditambah dengan bentuk fisik yang cukup kecil sehingga mudah sekali rusak. Kerusakan tombol home dan volume sangat beragam mulai dari tombol susah di tekan, tombolnya copot da lain sebagainya.


Tips menjaga tombol home dan power tetap awet adalah dengan meminimalisir penggunaan tombol tersebut. kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mematikan atau mengubah volume smartphone kamu.

Nah, itulah 5 bagian smartphone yang mudah rusak. Pada dasarnya penggunaan yang ceroboh akan membuat smartphone mudah rusak. Selain lima bagian smartphone yang sudah Kezzy bahas diatas, apakah menurut kamu ada bagian lain yang mudah rusak? Jika ada share yuk di kolom komentar! See you!

1 komentar so far


EmoticonEmoticon