Cara Mudah Membedakan Android Asli atau Palsu

Cara Mudah Membedakan Android Asli atau Palsu

Cara Mudah Membedakan Android Asli atau Palsu – Keuntungan dari industri teknologi khususnya smartphone sepertinya sebanding dengan industri elektronik lainnya. Bahkan beberapa perusahaan besar di dunia didominasi oleh perusahaan yang bergerak di bidang industri teknologi seperti Apple, Samsung dan Microsoft.

Kezz App

Tak heran jika ada beberapa oknum yang akhirnya terbuai ingin mendapatkan keuntungan dari brand terkenal dengan cara membuat perangkat palsu atau supercopy. Saat ini jumlah smartphone palsu atau supercopy yang beredar di pasaran sudah lumayan banyak. Nah, maka dari itu Kezzy sarankan agar kamu tetap waspada. Jangan sampai kamu tertipu ketika membeli smartphone Android palsu atau supercopy. Inilah cara membedakan Android asli atau palsu.


Cara Mudah Membedakan Android Asli atau Palsu Supercopy


Beberapa brand terkenal sering merilis tipe smartphone berbeda tapi memiliki bentuk fisik yang hampir sama. Nah, faktor inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk menyamarkan smartphone Android palsu buatannya. Agar kamu tidak keliru saat membeli smartphone Android, sebaiknya kamu bisa membedakan Android asli atau palsu. Maka, inilah cara membedakannya.

Cara Membedakan Android Asli atau Palsu


1. Periksa Bentuk dan Kelengkapannya

Smartphone Android palsu atau supercopy biasanya memiliki bentuk fisik yang sama dengan aslinya. Namun tetap saja ada perbedaan antara Android asli atau palsu. Untuk itu, kamu harus teliti dan cermati setiap detail bagian yang ada pada smartphone untuk dapat membedakan Android asli atau palsu.

Kezz App

Jika kamu menemukan bagian yang mencurigakan atau sedikit janggal dari yang seharusnya, ada kemungkinan smartphone Android tersebut palsu. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan box dan paket penjualan, serta yang paling penting kamu harus mengecek serial number atau IMEI smartphone tersebut.

2. Cek Spesifikasi Smartphone di Website Resminya

Untuk bisa membedakan smartphone Android asli atau palsu, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah spesifikasi smartphone tersebut. Kamu harus perhatikan spesifikasi yang ditawarkan, mulai dari prosesor, GPU, RAM, kamera dan spesifikasi lainnya, spesifikasi tersebut bisa kamu cari di website resmi atau beberapa website tentang gadget yang sudah kamu percaya.

Kezz App
Image: Tabloid PULSA 2016

Tentu hal ini sangat penting dilakukan, karena bagaimana bisa membedakan Android asli atau palsu jika kamu tidak tahu spesifikasi yang di tawarkan oleh smartphone tersebut.

3. Pakai Aplikasi CPU-Z atau AIDA

Setelah kamu mengetahui spesifikasi atau hardware dari smartphone yang ingin kamu buktikan keasliannya, selanjutnya kamu bisa langsung mengeceknya. Caranya dengan menginstal aplikasi CPU-Z atau AIDA64. Kedua aplikasi tersebut bisa digunakan untuk mengecek informasi lengkap seputar spesifikasi Android, mulai dari prosesor, RAM, resolusi layar, dimensi layar, kapasitas baterai sampai sensor yang ada pada smartphone Android.

Kezz App

Kamu tinggal mencocokan hasil yang terlihat di aplikasi dengan spesifikasi yang telah kamu dapatkan, bandingkan apakah spesifikasi smartphone yang kamu cek sama dengan spesifikasi yang seharusnya. Jika hasilnya berbeda besar kemungkinan Android tersebut palsu. Cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk membedakan Android asli atau palsu.

4. Coba Masuk Kedalam Recovery Mode

Mungkin pemalsu smartphone bisa membuat hardware hingga software yang sama persis dengan smartphone Android aslinya. Namun, ada kalanya mereka melupakan komponen yang cukup penting seperti recovery mode yang di hadirkan.

Kezz App

Jika pemalsu lupa merubah recovery mode, maka Android palsu biasanya akan memakai recovery mode berbahasa China, padahal seharusnya berbahasa Inggris. Cara masuk ke menu recovery mode sangat mudah, kamu tinggal menekan tombol Power dan Volume bawah secara bersamaan (tapi ada beberapa tipe Android yang berbeda cara masuk kedalam menu recovery modenya).


Itulah cara mudah membedakan Android asli atau palsu. Sangat mudah bukan? Sekarang kamu tidak perlu ragu jika ingin membeli smartphone Android, karena sudah bisa membedakan antara Android asli atau palsu.

Atau mungkin keempat cara diatas masih kurang dan kamu punya cara lain untuk membedakan Android asli atau palsu? Kalau ada share yuk di kolom komentar. See you!



1 komentar:

  1. bisa langsung coba dipraktekin nih

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top