Cara Membedakan SD Card Palsu & Tips Membeli SD Card

Cara Membedakan SD Card Palsu & Tips Membeli SD Card

Cara Membedakan SD Card Palsu - Saat akan membeli smartphone atau perangkat portable baru, biasanya Kezzy mencari tahu apakah smartphone tersebut mendukung penggunaan SD Card atau tidak. SD Card atau lebih dikenal dengan sebutan memori eksternal adalah sebuah media penyimpanan data tambahan yang bisa digunakan pada smartphone atau perangkat portable lainnya.


Tapi, tahukah kamu SD Card itu banyak jenisnya? Mulai dari tingkat kecepatan transfer, bentuk, hingga ada juga SD Card palsu. Nah, maka dari itu penting sekali untuk tahu cara membedakan SD Card palsu!

Melihat betapa pentingnya fungsi SD Card pada perangkat smartphone, karena bisa dijadikan alternatif media penyimpanan ketika memori internal penuh. Maka kamu harus tahu tentang detail dan jenis dari SD Card ini. Di artikel kali ini, Kezzy akan memberikan cara untuk membedakan SD Card palsu.

Cara Membedakan SD Card Palsu


Sebelum kezzy membahas cara membedakan SD Card palsu, ada baiknya kamu tahu tentang berbagai macam SD Card yang beredar di pasaran. SD Card atau Secure Digital Card terbagi menjadi tiga macam, yaitu:
  • SD Card : Bisa dibilang ini adalah nenek moyang SD Card. SD card ini untuk generasi selanjutnya menjadi kartu memori universal karena bisa digunakan sebagai adapter untuk kartu memori generasi berikutnya.
  • Mini SD : Jika kamu pernah menggunakan handphone zaman dulu, kamu pasti tidak asing dengan SD Card yang satu ini.  Selain untuk handphone, Mini SD biasanya digunakan untuk penyimpanan di perangkat pemutar MP3.
  • Micro SD : Ini adalah SD Card generasi terbaru dan paling banyak digunakan pada smartphone masa kini. Mempunyai kelebihan sebagai SD Card paling kecil yang membuatnya mudah dibawa, dan juga dapat dihubungkan dengan perangkat lain menggunakan SD Card sebagai adapternya.
Ada dua cara untuk membedakan SD Card palsu dengan yang asli, yaitu:

1. Cara Membedakan SD Card Palsu dari Fisiknya

Sebenarnya fungsi dari SD Card asli atau palsu bisa dibilang sama saja, karena sama-sama digunakan untuk menyimpan data. Namun, biasanya SD Card palsu sedikit mempunyai kekurangan karena sering mengalami masalah di waktu yang akan datang, seperti sering corrupt, proses transfer data lambat, data sering hilang tanpa sebab, atau sulit terbaca oleh perangkat smartphone.


Cara yang paling sederhana untuk membedakan SD Card asli atau palsu secara fisik adalah dengan mengamati merek yang terdapat pada permukaan SD Card. Kartu memori asli biasanya menggunakan cetakan langsung di permukaan SD Card sedangkan kartu memori palsu hanya menggunakan stiker yang ditempelkan. Adapun jika benar menggunakan stiker untuk menimbulkan hologram, dibawah stiker tetap terdapat cetakan nama merek SD Card tersebut.

2. Cara Membedakan SD Card Palsu Menggunakan Aplikasi SD Insight

SD Insight adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian kartu memori yang kamu gunakan. Aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store ini akan menampilkan informasi seputar kartu memori yang kamu gunakan. Dengan informasi tersebut, kamu bisa mengetahui apakah kartu memori yang kamu pakai asli atau palsu.

Caranya, cukup download aplikasi SD Insight, lalu instal di smartphone Android kamu.

Selanjutnya, SD Insight sudah bisa digunakan untuk mengetahui data dari perangkat SD Card yang kamu pakai. Lalu, apa saja fitur yang ditawarkan oleh aplikasi SD Insight?

  1. SD Insight bisa membaca informasi SD Card yang kamu pakai. Dengan informasi tersebut, kamu bisa mencocokan data di SD Card dengan data yang ada pada kemasan atau nota pembayaran kartu memori tersebut. Perlu di ingat! Perhatikan tanggal pembuatan dan produksi SD Card. jika tanggal yang tertera di SD Card tidak sama dengan tanggal pada kemasan, maka keaslian kartu memori tersebut perlu dipertanyakan. Selanjutnya perhatikan juga serial number dan model number SD Card tersebut.
  2. Mebaca informasi memori internal di smartphone kamu.
Yang membuat unik, jika ternyata kamu memekai SD Card palsu, maka SD Insight tidak akan bisa menampilkan informasi dari SD Card yang sedang kamu pakai. Bisa jadi hal ini terjadi karena kartu memori tersebut tidak terdaftar. Tapi untuk menjamin keamanan, Kezzy sarankan kamu selalu menggunakan kartu memori yang sudah terdaftar.

Tips Membeli SD Card


Untuk mengantisipasi agar kamu tidak tertipu saat membeli kartu memori atau SD Card palsu, sebaiknya selalu bertanya keaslian kartu memori tersebut kepada penjualnya. Jika ada penjual yang menawarkan harga murah untuk SD Card dengan kapasitas besar, sebaiknya tanyakan lebih detail dan juga minta garansi minimal 1 bulan. Karena nantinya kartu memori tersebut akan kamu gunakan untuk menyimpan data digital kamu yang cukup berharga. Tidak lucu jika ternyata kartu memori yang kamu miliki cepat rusak dan kamu kehilangan semua data dan koleksi kamu.

Nah, itulah tips dari Kezzy untuk membedakan SD Card palsu dan SD Card asli, semoga tips yang Kezzy berikan bisa membantu kamu saat ingin membeli SD Card baru. Jika kamu punya cara atau trik lain untuk membedakan SD card asli atau palsu, share yuk di kolom komentar. See you!



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top