Cara Mengatasi Bluetooth Android yang Error

Advertisments

Advertisments
Cara Mengatasi Bluetooth Android yang Error – Beberapa tahun belakangan ini perkembangan smartphone Android mengalami peningkatan yang sangat pesat. Terbukti dengan banyaknya vendor yang meluncurkan smartphone Android dengan bebagai macam versi yang dibekali spesifikasi gahar dan ditunjang dengan fitur yang sangat beragam.


Meski terus berkembang tetap saja ada beberapa fitur lawas yang wajib dimilki oleh smartphone Android. Ya, fitur yang Kezzy maksud adalah Wifi dan Bluetooth. Kedua fitur koneksivitas ini memang sangat penting untuk smartphone Android, karena wifi dan bluetooth bisa digunakan untuk menghubungkan smartphone Android dengan perangkat lain secara nirkabel. Nah, maka dari itu di artikel kali ini Kezzy akan membahas tentang Bluetooth.

Bluetooth bisa digunakan untuk mentransfer data seperti foto, video, lagu atau file aplikasi ke sesama pengguna Android. Selain untuk mentransfer data Bluetooth bisa juga digunakan untuk menghubungkan smartphone Android dengan perangkat lain seperti smartwatch, headset,speaker bluetooth dan yang lainnya. 

Cara Mengatasi Bluetooth Android yang Error


Tapi saat menggunakan bluetooth, kadang ada saja masalah yang di alami oleh pengguna smartphone Android seperti bluetooth sulit terhubung atau bluetooth yang tidak terdeteksi. Tentunya hal ini sangat mengganggu dan harus segara dicari solusinya. Nah, jika kamu sering mengalami masalah seperti ini dan belum bisa mengatasinya, mungkin tips yang Kezzy punya bisa menyelesaikan masalah kamu dan inilah cara mengatasi bluetooth Android yang error.

Tips Mengatasi Bluetooth Android yang Error


1. Clear Cache & Data

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengatsi bluetooth error atau tidak bisa digunakan adalah dengan clear cache & data. Karena bisa saja terjadi error karena smartphone Android kamu terlalu banyak menyimpan IP bluetooth perangkat lain. Cara untuk clear cache & data bluetooth adalah dengan masuk ke menu Settings > Aplikasi > All Aplikasi, cari aplikasi Bluetooth lalu pilih clear cache & data. Cara ini dilakuan untuk mengembalikan bluetooth ke settingan default


2. Gunakan Aplikasi Bluetooth Fix Repair

Bluetooth Fix Repair adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada bluetooth. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store. Setelah terinstal, kamu bisa langsung menjalankan aplikasinya dan pilih repair bluetooth.

3. Reboot atau Factory Reset

Jika kedua cara diatas belum bisa mengatasi masalah bluetooth error, kamu bisa mencoba reboot atau restart perangkat Android kamu. Biasanya sistem error pada perangkat Android bisa teratasi dengan cara ini. Namun jika cara ini tidak berpengaruh, sepertinya kamu harus mencoba factory reset atau mengembalikan ke setelan pabrik. Caranya, masuk ke menu Setting > Backup & Reset. Tapi sebelum melakukan factory reset sebiaknya kamu mem-backup data Android kamu, karena factory reset akan menghapus semua data yang ada di perangkat Android kamu.

Namum jika cara diatas belum bisa mengatasi masalah kamu, mungkin hardware bluetooth kamu sudah rusak. sebaiknya kamu langsung datang ke servis centre untuk memperbaikinya.

Nah, itulah cara sederhana untuk mengatasi bluetooth Android error. Semoga tips yang Kezzy berikan bisa bermanfaat. Jika kamu punya cara lain untuk mengatasi bluetooth error share yuk di kolom komentar. See you!


EmoticonEmoticon