Cara Ampuh Untuk Mengatasi Smartphone Terendam Air

- January 19, 2017
advertise here
Cara Mengatasi Smartphone Terendam Air - Saat ini yang namanya cuaca susah banget buat di prediksi, yang tadinya panas bisa mendadak mendung kemudian hujan lebat. Bahkan, ada beberapa orang yang sampai pasang aplikasi ramalan cuaca di smartphonenya, tapi masih saja keteteran gara-gara kondisi cuaca yang gampang banget berubah-ubah.

Kezz App

Akhirnya banyak hal yang tidak di ingankan malah terjadi, mungkin karena kurang persiapan atau kurang antisipasi. Seperti smartphone kemasukan air akibat kehujanan atau mungkin yang lebih parah smartphone terendam air gara-gara nyemplung di genangan.


Kalau sudah seperti itu mungkin kamu langsung berpikir untuk membawa smartphone tersebut ke service center? Padahal, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi smartphone terendam air. Ya, sebagai antisipasi awal sih nggak ada salahnya mencoba mengatasi sendiri smartphone yang terendam air, syukur-syukur kalau smartphone kamu bisa kembali normal. Tapi kalau memang sudah rusak atau tidak bisa nyala lagi, ya mau ga mau harus di bawa ke service center.

Cara Mengatasi Smartphone Terendam Air


Pasti kesel bangetkan, kalau smartphone kesayang sampai rusak cuma gara-gara teledor, seperti smartphone terendam air, basah akibat kehujanan, atau yang lainnya. Ya, meski nggak menjamin smartphone kembali normal, tapi Kezzy punya beberapa cara untuk mengatasi smartphone terendam air khusus buat kamu, iya kamu. dan inilah caranya:

1. Buang Sisa Air Yang Masuk

Saat smartphone terendam air usahakan secepat mungkin untuk mengeluarkannya dari dalam air, jangan sampai air masuk lebih banyak ke dalam smartphone. Langsung saja mengoyang-goyangkan smartphone dengan tujuan mengeluarkan air yang masuk kedalam smartphone, jangan biarkan smartphone dalam keadaan basah lebih lama.

cara-mengatasi-smartphone-terendam-air

Pastikan air yang masuk kedalam port-port tidak masuk lebih dalam. Jangan buru-buru menyalakan smartphone karena jika masih ada sisa air di dalam, bisa berakibat konslet. Tunggu hingga benar-benar kering.

2. Bongkar Kemudian Keringkan Dengan Lap


cara-mengatasi-smartphone-terendam-air

Kalau smartphone kamu bukan tipe unibody, langsung saja lepas casing belakangnya dan copot juga baterainya untuk menghindari konslet. Segera lap bagian-bagian smartphone yang basah menggunakan lap kering atau bisa juga menggunakan tissue, karena tissue bisa menyerap air dengan cepat.

3. Gunakan Vacum Cleaner


cara-mengatasi-smartphone-terendam-air

Jika kamu punya vacum cleaner, kamu bisa memanfaatnkannya untuk menyedot air yang masuk kedalam smartphone. Jangan gunakan hair-dryer, kipas angin, atau di jemur di bawah sinar matahari, karena hal tersebut justru bisa membuat smartphone rusak.

4. The Power of Dry Rice Method

Mungkin beberapa dari kamu sudah ada yang tahu cara paling efektif untuk mengeringkan smartphone yang terendam air, tapi kalau ada yang masih bingung caranya gimana? Kezzy kasih tahu deh cara paling efektif mengatasi smartphone terendam air. Yap, cara yang Kezzy maksud adalah dry rice method alias dikubur didalam beras.

cara-mengatasi-smartphone-terendam-air

Caranya, tinggal masukan smartphone yang terendam air kedalam tumpukan beras selama 24 jam. Mungkin kamu ada yang bertanya, lho ko dikubur di dalam beras, emang buat apa? Gini lho logikanya, beras bisa menguapkan air yang ada di dalam samartpone, jadi smartphone kamu bisa cepat kering.
Ada cara lain mengatasi smartphone terendam air, yaitu dengan menyimpan smartphone di tempat yang rapat bareng silica gel, tapi masalahnya tidak semua orang punya silica gel. Bisa juga mencoba meletakan smartphone yang terendam air di suhu yang hangat, tapi cara ini tidak Kezzy sarankan karena tempat yang terlalu panas justru bisa merusak bagian smartphone yang sensitif.

Nah, itulah cara mengatasi smartphone terandam air, bagaimana sangat mudah bukan? Intinya saat smartphone terendam air usahakan jangan panik dan segera melakukan tips yang Kezzy berikan, semoga dengan cara tersebut smartphone kamu bisa kembali normal. Tapi kalau smartphone kamu masih rusak, ya mau ga mau harus dibawa ke service center atau yang paling ampuh, ya beli smartphone baru! Sekian tips dari Kezzy semoga bisa bermanfaat, jika kamu punya kritik atau saran, share yuk di kolom komentar. See you!
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search