Cara Merekam Layar Android Tanpa Akses Root

Advertisments

Advertisments
Cara Merekam Layar Android Tanpa Akses Root - Kebanyakan aplikasi perekam layar Android meminta akses root agar bisa digunakan. Tapi masalahnya tidak semua orang mau nge-root smartphone Androidnya hanya untuk menginstal aplikasi perekam layar Android.


Nah, yang jadi masalah bagaimana jika kamu ingin mereka layar Android tapi smartphone Android kamu masih original? Tenang, Kezzy punya aplikasi untuk merekam layar android tanpa root. Ya, aplikasi yang Kezzy maksud adalah AZ Screen Recorder. Aplikasi ini tidak membutuhkan akses root, tapi tetap ada syarat lain yang harus di penuhi. Yaitu, versi OS Android yang kamu pakai harus Lollipop 5.0 keatas, dan inilah:

Cara Merekam Layar Android Tanpa Root


Aktivitas merekam layar Android biasanya digunakan untuk membuat tutorial Android, me-riview game dan yang lainnya untuk di share di akun sosial media seperti Facebook, Youtube atau Instagram. Nah, buat kamu yang belum tahu cara merekam layar Android Kezzy punya tutorial lengkapn untuk merekam layar Android.

Tutorial Merekam Layar Android Menggunakan AZ Screen Recorder

  1. Download aplikasi AZ Screen Recorder, kemudian instal di smartphone Android kamu.
  2. Buka aplikasi AZ Screen Recorder. Di tengah layar akan muncul empat buah tombol menu yang mempunyai fungsi Record, Setting, Output Directory dan Exit. 
  3. Sebelum merekam layar Android, sebaiknya kamu mengatur hasil video yang akan kamu rekam. Masuk ke menu Setting (tombol nomor dua dari kiri), di dalam menu setting kamu bisa mengatur bit-rate video (semakin tinggi bit-rate maka kualitas detail video akan semakin baik, tapi ukurannya akan semakin besar), resolusi, frame rate (semakin tinggi frame rate, maka video yang dihasilkan akan semakin smooth), memilih direktori penyimpanan hasil rekaman video (output directory), dan lainnya. 
  4. Jika sudah selesai mengatur sesuai kebutuhan kamu, mulailah merekam layar Android dengan menekan tombol Record (paling kiri). Maka akan muncul pop up bahwa aplikasi akan segera merekam layar Android. Hilangkan centang di opsi Don't show again agar peringatan tersebut tidak muncul kembali ketika kamu akan merekam layar Android. Tekan tombol Start Now untuk mulai merekam.
  5. Proses perekaman akan segera berjalan, untuk melihat informasi proses merekam layar Android bisa dilihat di ikon video yang ada di sudut kiri bar notifikasi. Kamu bisa merekam aktivitas layar smartphone Android kamu tanpa di batasi durasi waktu, tergantung besar kapasitas media penyimpanan yang kamu punya (internal atau eksternal). Jika kamu ingin menghetikan rekaman sejenak pilih Pause atau jika sudah selesai tekan Stop, tarik bar notifikasi untuk bisa mengakses kedua opsi tersebut.
  6. Jika kamu sudah selesai merekam layar Android (Stop), maka akan muncul notifikasi bahwa video berhasil direkam. Tekan notifikasi jika kamu ingin memutar video tersebut. Selain itu tedapat tiga opsi yang di sediakan, yaitu share video, delete video, dan trim untuk memotong video.
  7. Jika kamu ingin melihat semua video yang telah kamu rekam, tekan tombol Output Directory (tombol nomor tiga di menu). Di dalam menu Output Directory ini kamu bisa juga menghapus video yang sudah kamu rekam.
  8. Selesai.
Nah, itulah cara merekam layar Android. Cukup mudah bukan? Selain mudah cara ini tidak membutuh kan akses root.Video yang sudah kamu rekam bisa diputar dengan aplikasi pemutar video yang tersedia di smartphone Android kamu. Sekian tips dari Kezzy, semoga bisa membantu. Jika kamu punya cara lain atau aplikasi untuk merekam layar Android, share yuk di kolom komentar. See you!


EmoticonEmoticon