Cara Membedakan Aplikasi Asli atau Palsu di Android

- January 04, 2017
advertise here
Cara Membedakan Aplikasi Asli atau Palsu di Android - Saat ini developer game atau aplikasi sudah sangat banyak, mereka berlomba menawarkan berbagai macam aplikasi untuk memenuhi kebutuhan para peminatnya. Tapi ternyata tidak semua develover membuat aplikasi tersebut dengan tujuan dan fungsi yang bermafaat.

Aplikasi Palsu

Terbukti ada beberapa develover nakal yang sengaja membuat aplikasi palsu atau bajakan dengan tujuan mencuri data penggunanya, menyebarkan malware dan lain sebagainya. Mereka memanfaatkan ketidaktahuan pengguna awam dalam menyebarkan aplikasi buatannya. Cara yang mereka pakai cukup sederhana, dengan membuat aplikasi palsu di Android yang sangat mirip dengan aplikasi yang sudah ada. Atau menawarkan sebuah aplikasi yang mempunya fitur atau fungsi yang tidak normal.

Agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, yuk simak cara membedakan aplikasi asli atau palsu di Android.

Cara Membedakan Aplikasi Asli atau Palsu di Android


1. Periksa Detail Publisher

Sebelum mengunduh aplikasi sebaiknya kamu memeriksa detail publisher pengembang dan jumlah pemasangan aplikasi tersebut.

Perbedaan Aplikasi Asli atau Palsu


Aplikasi palsu

Perbedaan Kedua


detail aplikasi

Sebelum menginstal aplikasi baru, sebaiknya kita tetap berhati-hati saat memilih aplikasi tersebut, karena bukan tidak mungkin munculnya aplikasi palsu. Cara yang paling sederhana untuk mengecek keaslian aplikasi adalah dengan cara mengamati nama developer pengembang atau pembuat aplikasi.

Biasanya para pembuat aplikasi nakal akan membuat aplikasi palsu yang nama dan fungsi dasarnya di samakan dengan aplikasi aslinya. Hal ini bertujuan untuk mengecoh para pengguna aplikasi baru.

Tanda lain yang dapat kita amati adalah dengan melihat jumlah pemasangan pengguna. Pada aplikasi asli, sudah pasti jumlah penginstalan akan jauh lebih banyak daripada aplikasi palsu.

2. Periksa Review di Google Play Store


Review Aplikasi

Saat ini Google Play Store sudah meningkatkan fitur review penggunanya, sehingga saat hendak menginstal aplikasi kamu bisa membaca terlebih dahulu kenyamanan aplikasi dari pengguna lain. Oleh sebab itu, review pada aplikasi asli biasanya mendapatkan respon positif dari para penggunanya.

Hanya dengan membaca ulasan dan review dari sebagian pengguna aplikasi, tentu saja kamu sudah bisa menyimpulkan apakah aplikasi tersebut asli atau palsu.

3. Periksa Profil Pengembang


Top Develover


Top Develover

Pilihan Editor


Pilihan Editor

Cara lain untuk mengecek keaslian aplikasi di Android adalah dengan cara melihat profil pengembangnya. Khusus untuk develover atau aplikasi yang populer akan diberikan tag tambahan yang memperlihatkan kepercayaan penggunanya. Tag yang Kezzy maksud adalah seperti Editor's Choice atau Top Developer. Jika ada tag seperti ini, maka sudah dipastikan aplikasi tersebut aman untuk di instal.

4. Membaca Izin Aplikasi Dengan Teliti


Izin aplikasi

Pihak developer yang membuat aplikasi asli pasti akan meminta izin atau permission yang resmi. Maka dari itu sebaiknya kamu membiasakan membaca permission terlebih dahulu sebelum menginstal atau memasang aplikasi baru.

Contohnya, saat menginstal aplikasi sensitif seperti BBM yang akan memerlukan izin mengakses kontak, file media dan yang lainnya, maka hal tersebut wajar saja, karena memang diperlukan untuk tujuan yang jelas. Jangan sampai mengabaikan soal izin pada aplikasi yang berdampak pencurian atau kehilangan data oleh pihak aplikasi palsu di Android.

5. Memanfaatkan Google


Google

Cara lain yang sangat mudah untuk mengetahui reputasi develover atau aplikasi yang ingin kamu instal adalah dengan memanfaatkan search engine Google. Kamu bisa menanyakan pada Google dengan keywoard "is (nama aplikasi) safe to install". Jika aplikasi yang kamu cari memeliki reputasi yang baik, maka akan muncul hasil pencarian, dan juga sebaliknya.

Meskipun kamu mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya seperti Google Play Store, tidak menjamin aplikasi tersebut aman. Tetap saja menggunakan aplikasi dari sumber yang tidak resmi justru meningkatkan resiko aplikasi palsu dan berbahaya untuk Android kamu. Sekian cara membedakan aplikasi asli atau palsu di Android, semoga tips yang Kezzy berikan bisa bermanfaat. Jika kamu punya kritik atau saran untuk Kezzy, share yuk di kolom komentar. See you!
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search