Skip to main content

8 Tanda Kalau Kamu Sudah Kecanduan Smartphone

Tanda Kecanduan Smartphone - Sepertinya smartphone sudah menjadi salah satu barang paling penting, karena kemanapun dan dimana pun kamu berada kamu tidak bisa jauh dari ponsel pintar tersebut. Memang fungsi smartphone semakin hari semakin beragam, tidak hanya untuk alat berkomunikasi tetapi kini smartphone banyak memiliki fungsi lain, seperti browsing mencari tugas, bermain sosial media, alat pembayaran dengan mobile banking dan masih banyak lagi.

Kezz App

Penggunaan smartphone semakin hari semakin meningkat, coba saja kamu hitung berapa kali kamu mengecek layar smartphonemu dalam sehari? Tanpa disadari, mungkin saja kamu mengecek smartphone lebih dari 100 kali dalam sehari. Atau mungkin kamu termasuk orang yang lebih rela ketinggalan dompet daripada ketinggalan smartphone? Wah, jika memang seperti itu, sepertinya kamu sudah positif kecanduan smartphone.


Ciri-ciri Orang Kecanduan Smartphone


1. Memiliki Banyak Akun Sosial Media


Memiliki banyak akun di sebuah sosial media, bisa menjadi salah satu faktor penyebab kecanduan smartphone. Saat ini memiliki satu sampai tiga akun sosial media memang bisa di bilang wajar.

tanda-kecanduan-smartphone

Namun jika kamu memiliki lebih dari lima akun sosial media yang semuanya aktif, sudah dipastikan kamu kecanduan smartphone. Pasalnya, kamu akan banyak kehilangan waktu hanya untuk mengakses, melihat, dan berinteraksi didalamnya.

2. Charge Smartphone Lebih Dari Dua Kali Sehari


Jika untuk pemakaian normal, pengisian baterai smartphone paling hanya satu atau maksimal dua kali dalam sehari, seboros apapun baterai smartphone yang kamu pakai. Kecuali jika baterai smartphone yang kamu pakai sudah bocor, jadi bisa saja kamu mengisi ulang baterai lebih dari dua kali dalam sehari.

tanda-kecanduan-smartphone

Namun jika ternyata baterai smartphone kamu masih sehat, dan kamu masih mengisi baterai lebih dari dua kali dalam sehari, waspadalah! Bisa jadi kamu sudah terlalu berlebihan dalam menggunakan smartphone dan termasuk kecanduan smartphone.

3. Ritual Foto Sebelum Makan


Kebiasaan mengambil foto makanan atau minuman sebelum disantap, bisa menjadi salah satu tanda kalau kamu sudah kecanduan smartphone. Pasalnya, masih ada hal yang lebih positif daripada memotret makanan tersebut, yaitu berdo’a.

tanda-kecanduan-smartphone

Atau, bisa saja kamu langsung menyantap makanan yang terhidang di depan kamu tanpa memotretnya terlebih dahulu. Karena, jika makanan sudah di foto hampir dipastikan untuk di upload di sosial media, hal ini tidak terlalu penting tetapi masih saja dilakukan untuk menjaga eksistensimu.

4. Sering Gonta-ganti Smartphone


Jika tidak ada keperluan mendesak, rusak, atau karena alasan lemot, mungkin kamu tidak akan sering berganti-ganti smartphone. Namun, jika tanpa alasan yang jelas kamu masih sering bergonta-ganti smartphone hingga lebih dari tiga kali dalam setahun, hal ini mengambarkan kalau kamu termasuk orang yang sudah kecanduan smartphone. Karena sering mengikuti perkembangan gadget tingkat akut.

tanda-kecanduan-smartphone

Kamu rela mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya untuk membeli smartphone keluaran terbaru dan pastinya rela menghabiskan waktu yang cukup lama dengan smartphone kesayang kamu.

5. Memakai Casing Atau Aksesoris Aneh 


Rasa sayang terhadap smartphone bisa dilihat dengan cara memasang atau menggunakan aksesoris untuk melindungi dan memaksimalkan kinerja smartphone.

tanda-kecanduan-smartphone

Namun jika kamu sudah terlalu sayang, kamu tidak ragu menggelontarkan sejumlah uang untuk membeli casing atau aksesoris aneh sekalipun, asalkan bisa membuat kamu nyaman dan betah berlama-lama mengunakan smartphone. Selama kamu suka, kamu tidak peduli dengan pendapat orang lain yang menilainya aneh.

6. Membawa Smartphone Ke Kamar Mandi


saat bepergian atau jauh dari rumah, membawa smartphone ke kamar mandi atau WC bisa dibilang sesuatu yang wajar. Yang menjadi tidak wajar, jika kamu tetap membawa smartphone ke kamar mandi meski sedang di dalam rumah untuk menemanimu mandi atau buang air.

tanda-kecanduan-smartphone

Ini menjadi salah satu tanda, kamu tidak bisa berlama-lama jauh dari smartphone, dan sudah di pastikan kamu positif kecanduan smartphone.

7. Selalu Membawa Power Bank


Kemanapun kamu pergi tidak peduli itu jauh atau dekat, lama atau sebentar, jika kamu selalu membawa power bank, itu berarti kamu tidak bisa hidup tanpa smartphone.


Pasalnya, kamu tidak akan rela kehabisan baterai smartphone, sehingga selalu membawa power bank kemanapun kamu pergi, hanya untuk mengantisipasi smartphone kamu lowbat.

8. Menyetir Sambil Bermain Smartphone


Menyetir sambil menelepon atau berkirim pesan memang sangat dilarang demi keselamatan. Mungkin hal tersebut hanya boleh dilakukan jika untuk keperluan mendesak saja. 

tanda-kecanduan-smartphone

Namun, jika kamu sering menyetir sambil menulis status atau berkirim komentar di sosial media, tandanya kamu sudah kecanduan smartphone karena sosial media.


Nah, itulah 8 tanda kalau kamu sudah kecanduan smartphone. Apakah kamu pernah atau bahkan sering melakukan kegiatan diatas? Jika iya, sebaiknya kamu mengurangi penggunaan smartphone karena kecanduan smartphone kurang baik untuk kesehatan bahkan keselamatan kamu. Atau mungkin kamu punya ciri lain yang mengindikasi kecanduan gadget? Jika ada, share yuk di kolom komentar. See you!

Comments