Tips Memilih MicroSD Untuk Smatphone Android

- January 10, 2017
advertise here
Tips Memilih MicroSD Untuk Smatphone Android - Saat ini sudah banyak sekali smartphone Android yang beredar di pasaran. Kamu hanya tinggal memilih smartphone Android yang sesuai dengan selera kamu. Kamu bisa menentukan pilihan dari berbagai kriteria, seperti chipset, layar, RAM dan juga memori internal.


Kebanyakan smartphone Android saat ini sudah dibekali dengan memori internal dengan kapasitas 16 GB. Tapi tetap saja kapasitas tersebut masih sangat kurang dan bisa terbilang kecil. Maka dari itu banyak pengguna smartphone Android yang membeli microSD sebagai alternatif penyimpanan data. Namun sebelum membeli microSD baru, sebaiknya kamu baca tips memilih microSD yang tepat untuk smartphone Android.

Cara Memilih MicroSD yang Bagus Untuk Smartphone Android



Saat ingin membeli microSD baru, sebaiknya kamu teliti dalam memilih microSD yang tepat. Tentu saja saat memilih microSD ada banyak hal yang harus kamu ketahui. Nah, di artikel kali ini Kezzy akan memberikan tips memilih microSD yang tepat untuk semua jenis smartphone Android secara lengkap, dan inilah!


Tips Memilih MicroSD


Cari Tahu Spesifikasinya

Saat ini ada tiga tipe microSD yang beredar di pasaran, sebelum kamu membeli microSD baru sebaiknya kamu jeli dalam memilihnya. ketiga tipe microSD tersebut, yaitu:

1. SDSC atau SD (Secure Digtial Standard Capacity)
SDSC merupakan sebuah microSD yang memiliki kapasitas yang kecil, serta menggunakan sistem file FAT16. SDcard ini adalah tipe paling murah yang beredar di pasaran.

2. SDHC (Secure Digital High Capacity)
Memori jenis ini merupakan memori kelas menengah, yang memiliki kapasitas antara 4 GB sampai 32 GB dan bisa menggunakan sistem file FAT32. MicroSD ini tidak akan cocok dengan perangkat yang hanya meminta format SD, karena memiliki format yang berbeda.

3. SDXC (Secure Digital Extended Capacity)
Kartu memori tipe ini merupakan tipe paling baru yang memiliki kapasitas paling besar, yaitu antara 64 GB sampai 2 TB dan memakai format exFAT. Tentu saja memori tipe ini tidak akan kompatibel dengan perangkat yang hanya mendukung SD dan SDHC.

Merek Kartu Memori

Sebeleum membeli memori eksternal, sebaiknya kamu meperhatikan dan memepertimbangkan dari brand atau merek tertentu. Karena, reputasi dari brand sebuah produk sangat penting untuk memilih sebuah perangkat. Kamu tidak mau kan kehilangan data atau tiba-tiba korup tanpa sebab kan?


Jika kamu ingin membeli microSD yang memiliki garansi dan fitur mengembalikan data, kamu bisa memilih beberapa merek terkenal seperti SanDisk, Transcend, dan Samsung.

Kapasitas Memori

Seperti yang telah Kezzy katakan diatas, ada tiga tipe kartu memori yang berebar pada saat ini. Nah, maka dari itu tinggal bagaimana kamu menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan dukungan perangkat Android yang kamu punya.

Memang saat ini sudah ada teknologi microSD yang bisa mencapai kapasitas 2 TB. Tapi harus di ingat, jangan salah membeli microSD. Kamu harus tetap mempertimbangkan sebanyak apa kebutuhan sebuah microSD. Kemudian, pertimbangkan juga seberapa besar smartphone Android kamu dalam mendukung sebuah microSD tersebut.

Tingkat Kecepatan

Selain terdapat tiga tipe, microSD juga terbagi kedalam beberapa kelas. Sebelum membeli kartu memori seharusnya kamu tahu dulu kelas dari memori tersebut. Klasifikasi kelas pada kartu memori akan menentukan seberapa cepat memori tersebut membaca dan menerima data. Dan inilah kelas-kelas dari memori tersebut:


  • Class 2, Kelas ini adalah kelas yang paling rendah, dan sangat tidak direkomendasikan untuk kamu pakai.
  • Class 4, Kelas ini sudah cukup baik untuk digunakan, namun sebaiknya kamu memilih memori dengan kelas yang lebih tinggi.
  • Class 6, Kelas ini yang di rekomendasikan untuk kamu pakai. Karena, dengan harga yang cukup murah, kualitas yang ditawarkan pun cukup baik. kamu bisa memakai memori ini tanta perlu khawatir data kamu korup.
  • Class 10, Kelas ini merupakan kelas terbaik yang bisa kamu pakai untuk smartphone Android kamu. Dengan memori ini kamu bisa merekam sebuah video dengan kualitas tinggi, yaitu Full HD @60fps tanpa masalah.

Tergantung Versi Android

Kebanyakan smartphone Android saat ini sudah didukung dengan slot microSD. Dengan hadirnya fitur tersebut kamu bisa memakai microSD untuk berbagai keperluan, seperti menyimpan musik, video, dan aplikasi atau game. Bahkan, di Android 6.0 Marshmallow kamu bisa memakai fitur bernama Adoptable Storage, yaitu membuat microSD mempunyai fungsi seperti memori internal.


Dengan begitu, fungsi memori eksternal akan sama dengan memori internal, yang berarti memori eksternal tersebut bisa kamu jadikan sebagai bagian dari sistem. Namun, spesifikasi minimal yang bisa kamu gunakan adalah memori tebaik, minimal Class 10 SDHC.

Dukungan Sistem File

Sistem file FAT32 merupakan sistem file yang paling direkomendasikan untuk sebuah kartu memori SD atau SDHC. Jadi, saat kamu ingin menghubungkan smartphone Android dengan sebuah PC, maka jangan pernah merubah format FAT32.


Namun sistem FAT32 tetap memnpunyai kelemahan, yaitu tidak bisa mendukung file yang mempunyai ukuran lebih dari 4 GB dan kapasitas memori diatas 2 TB. Jika kamu ingin seperti itu, kamu harus memakai sistem file SDXC.

Nah, itulah tips memilih microSD untuk smartphone Android. Apakah kamu sudah paham jika ingin membeli sebuah microSD? Semoga artikel dari Kezzy bisa bermanfaat untuk kamu. Jika kamu punya kritik atau saran, share yuk di kolom komentar. See you!
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search