Tips Menghindari Baterai Smartphone Kembung

Tips Menghindari Baterai Smartphone Kembung

Tips Menghindari Baterai Smartphone Kembung - Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan menggunakan smartphone semakin meningkat. Handphone yang dulu baterainya bisa awet sampai beberapa hari, tapi sekarang paling lama bisa bertahan sehari saja. Hal ini bukan karena kualitas baterai yang ada di smartphone buruk, tetapi karena smartphone terus melakukan sinkronisasi data setiap waktu. Sehingga baterai menjadi boros atau cepat habis.


Agar smartphone kamu tetap awet, penting untuk kamu menjaga baterai agar smartphone bertahan lama. Karena ada kebiasaan yang bisa menyebabkan gadget gampang rusak. Nah, di artikel kali ini Kezzy akan memberikan tips yang cukup penting untuk menghindari baterai smartphone kembung dan bocor.

Tips Menghindari Baterai Smartphone Kembung atau Bocor



Siapa yang tidak kesal jika baru beberapa bulan di pakai, tapi baterai smartphone kamu sudah minta di ganti karena kembung atau bocor? Karena jika tidak secepatnya diganti, baterai smartphone kembung atau bocor bisa berakibat fatal pada komponen smartphone yang bisa berakibat menurunnya performa smartphone kamu. Agar kamu bisa tetap berhemat dan tidak keluar uang lagi gara-gara baterai smartphone kembung atau bocor, yuk rawat baterai smartphone kamu agar tidak kembung atau bocor lagi!

1. Hindari Overheat



Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga dengan pemakaian baterai. Jika digunakan terus menerus tanpa diberikan waktu untuk istirahat, bisa saja smartphone mengalami overheat. Bahkan ada beberapa smartphone yang gampang sekali overheat meskipun tidak digunakan karena efek wakelock. Wakelock yaitu kondisi dimana aplikasi tetap berjalan di backgruond dalam CPU dan berjalan di frekuensi yang tinggi, bahkan membuat layar tetap menyala.

Selain karena aplikasi, penyebab wakelock bisa disebabkan oleh penggunaan kamera secara berlebihan, dan berpotensi untuk overheat. Hal ini disebabkan karena kamera akan memaksa prosesor pengolahan gambar untuk memproses dengan cepat. Untuk itu, Kezzy sarankan untuk menggunakan kamera saat dibutuhkan saja.

2. Hindari Penggunaan Smartphone Saat di Charge




Saat proses isi ulang, sebaiknya smartphone dalam keadaan mati atau tidak digunakan. Karena jika sering menggunakan smartphone saat sedang mengisi ulang baterai, akan beresiko membuat baterai smartphone kembung atau bocor.

3. Hidari Baterai Kosong Sampai 0%



Sesekali memang disarankan untuk membiarkan baterai smartphone kosong untuk melakukan kalibrasi. Namun, perlu di ingat proses kalibrasi hanya boleh dilakuan sebanyak satu sampai dua kali saja dalam satu bulan.

Karena jika baterai smartphone terlalu sering dibiarkan kosong, akan berdampak kepada lamanya proses isi ulang baterai, sehingga memicu panas berlebih yang bisa menjadi faktor baterai smartphone kembung atau bocor.

4. Hidari Charge Baterai Semalaman



Daya tampung listrik yang berlebihan saat mengisi ulang baterai semalaman dapat memicu overheat pada charger dan menyebabkan panas menyebar ke permukaan smartphone. Memang saat ini sudah banyak smartphone yang dibekali teknologi auto cut-off saat daya sudah penuh, namun untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu menghindari charge baterai semalaman jika tidak mau baterai kembung atau bocor.

5. Hidari Penggunaan Charger Palsu



Penggunaan charger palsu yang tidak sesuai dengan output pada charger asli bisa menyebabkan tegangan yang berlebihan sehingga membuat proses pengisian baterai terganggu. Hal ini bisa menyebabkan baterai smartphone kembung atau bocor.
Saat ingin membeli charger baru sebaiknya kamu jeli dalam memilih charger baru yang akan kamu beli, agar tidak tertipu saat membeli charger baru sebaiknya kamu baca tips membedakan charger ori dan KW.

6. Hidari Tempat yang Berpotensi Menularkan Panas



Ada beberapa alat elektronik yang berpotensi menyebabkan panas berlebih, seperti kulkas, TV, CPU, dashboard mobil dan box motor, saat suhu panas sangat rentan memberikan radiasi ke smartphone. Untuk menghindari baterai smartphone kembung atau bocor, sebaiknya hindari menyimpan smartphone ditempat seperti ini.

Jadi kesimpunlannya, untuk menghindari baterai smartphone kembung atau bocor, usahakan smartphone kamu tidak panas. Panas berlebih yang terjadi di permukaan smartphone akan membuat baterai smartphone kembung atau bocor. Selain itu penggunaan softcase atau pengaman casing bisa juga menjadi faktor penyebab baterai smartphone kembung atau bocor.

Itulah, tips untuk menghindari baterai smartphone kembung, semoga tips yang Kezzy berikan bisa bermanfaat. Jika kamu punya tips lain agar baterai smartphone tidak kembung, share yuk di kolom komentar. See you!



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top