Berniat Membeli Android Bekas? Cek Kualitasnya Dengan Aplikasi Ini

- January 24, 2017
advertise here
Tips Mengecek Android Bekas Berkualitas - Membeli smartphone Android bekas tidak selalu buruk, karena jika kamu jeli dalam memilih, mungkin saja kamu bisa mendapatkan Android murah berkualitas. Tapi, sebelum membeli smartphone Android second, kamu harus pintar-pintar memilih dan mengecek semua fitunya masih berjalan dengan normal serta spesifikasi hardware-nya sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu kena tipu dan malah dapat Android palsu atau KW.

Kezz App

Tapi tidak semua orang tahu cara mengecek Android bekas berkualitas. Nah, jika kamu masih bingung dengan cara mengecek hardware Android, untuk menentukan kualitas smartphone. Berikut Kezzy punya aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengecek hardware Android sebelum membeli Android bekas.


Aplikasi Untuk Mengecek Hardawre Android Bekas Berkualitas


Membeli smartphone bekas memang sedikit beresiko, apalagi kalau kamu termasuk orang yang belum bisa mengecek kualitas dan hardware perangkat Android. Agar kamu tidak tertipu ketika ingin membeli smartphone Android, nih Kezzy sajikan aplikasi untuk mengecek hardware Android yang akan membentu kamu mendapatkan Android bekas berkualitas.

Aplikasi Untuk Mengecek Hardware Android


1. Phone Tester (Hardware Info)


Phone Tester adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menganalisis serta menguji hardware, sensor, dan komponen lain di smartphone Android yang akan kamu beli.

tips-membeli-android-bekas-berkualitas

Aplikasi ini, bisa digunakan untuk memastikan setiap bagian smartphone Android masih berfungsi dengan baik atau tidak. Phone Tester cukup ringan dan bisa menampilkan spesifikasi smartphone Android dengan detail.

2. Phone Doctor Plus


Phone Doctor Plus memiliki fitur yang bisa digunakan untuk melakukan 30 jenis uji coba sederhana, seperti bluetooth, GPS, speaker, microphone, konektivitas seluler, CPU, GPU, masih banyak lagi.

tips-membeli-android-bekas-berkualitas

dengan interface yang sangat menarik serta mudah digunakan, kelebihan lain dari Phone Doctor Plus tidak hanya bisa di pakai oleh pengguna Android, aplikasi ini juga tersedia untuk pengguna iOS.

3. AnTuTu Tester


Selain terkenal sebagai aplikasi benchmark, AnTuTu juga mengembangkan sebuah aplikasi untuk mengetes hardware smartphone, yaitu AnTuTu Tester. Aplikasi ini mempunyai fitur yang cukup lengkap dan lebih luas, seperti fitur untuk mengetes daya tahan baterai kemudian dibandingkan dengan smartphone lain.

tips-membeli-android-bekas-berkualitas

Selain itu, AnTuTu Tester bisa juga digunakan untuk mengetes layar smartphone, seperti berapa jumlah sentuhan yang bisa diterima secara bersamaan hingga hal lain, seperti kesehetan pixel, warna, dan masih banyak lagi.

4. Geekbench 4


Geekbench 4 adalah aplikasi benchmark yang cukup terkenal. Aplikasi ini bisa melakukan beberapa skenario test baru, serta menambah beban untuk meguji CPU, subsistem memori, dan cache.

tips-membeli-android-bekas-berkualitas

Selain fitur yang sudah Kezzy jelaskan diatas, Geekbench bisa juga melakukan skenario test GPU. Serta fitur yang paling baru, aplikasi ini bisa digunakan untuk menguji seberapa tinggi peforma komputasi dari sebuah GPU.

5. Sensor Box


Sesuai dengan namanya, Sensor Box adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menguji sensor secara spesifik. Selain memberikan informasi sensor apa saja yang yang tersedia pada smartphone, Sensor Box juga menjelaskan bagaimana sensor tersebut bekerja.

tips-membeli-android-bekas-berkualitas

Jenis-jenis sensor yang bisa dibaca oleh Sensor Box, antara lain sensor cahaya, sensor orientasi, giroskop, sensor suhu, sensor jarak, akselero meter, tekanan, medan magnet, dan intensitas suara.

6. Z-Device Test


Z-Device Test adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek hardware Android. Aplikasi ini cukup handal, karena bisa menampilkan informasi yang lengkap dan akurat dari perangkat Android yang kamu pakai.

tips-membeli-android-bekas-berkualita

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengetes besaran piksel yang ditanamkan dalam kamera, serta fitur pendukung lain yang disematkan. Selain itu, Z-Device Test bisa juga melakukan tes konektivitas, layar, ataupun sensor yang ada di Android.

7. AIDA64


AIDA64 adalah sebuah aplikasi diagnostics tools yang bisa memberikan informasi penting tentang spesifiksai hardware dan software smartphone Android.  Hal ini, bisa dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui spesifikasi secara lebih menyeluruh.

tips-membeli-android-bekas-berkualitas

Dengan tampilan antar muka yang menarik, dan dibungkus dengan sederhana. Dimana dibuat sebuah pengelompokan dari setiap kategori hardware dan bisa melakukan pengetesan yang kompleks untuk setiap hardware di perangkat Android.


Nah, itulah 7 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengecek hardware smartphone Android. Mengingat ada beberapa bagian smartphone Android yang mudah rusak, sebaiknya kamu teliti saat membeli smartphone Android bekas.

Sekian tips dari Kezzy, jika kamu punya cara lain untuk membeli Android bekas berkualitas, share yuk di kolom komentar. See you!
Advertisement advertise here

1 komentar:

avatar

suka nih sama postingannya yang bermanfaat. Mau coba yang Phone Doctor Plus

 

Start typing and press Enter to search