Inilah Waktu Terbaik Untuk Ngecas Baterai Smartphone

Advertisments

Advertisments
Waktu Terbaik Untuk Ngecas Baterai Smartphone - Bukan soal prosesor gahar atau teknologi kamera terbaru, tapi yang menjadi komponen paling penting dari smartphone adalah baterai. Tanpa sebuah baterai, smartphone secanggih dan segahar apapun tidak akan bisa digunakan, bukan?

Kezz App

Melihat peranan smartphone yang menjadi salah satu barang paling penting untuk kebutuhan sehari-hari, tentunya menjaga daya tahan baterai menjadi salah satu ritual penting untuk para pengguna smartphone. Nah, sebaiknya kamu tahu waktu yang paling pas atau waktu terbaik untuk ngecas smartphone milikmu!


Waktu Terbaik Untuk Ngecas Baterai Smartphone


Mengisi ulang baterai bisa dilakukan kapan dan dimanapun, selagi masih ada sumber listrik. Namun ternyata ada waktu tertentu yang merupakan waktu yang paling pas untuk charge smartphone kesayangan kamu. Jadi, kapan wartu terbaik untuk ngecas smartphone? Langsung saja simak trik dari Kezzy.

Waktu Terbaik Ngecas Smartphone


Sebagai pengguna smartphone pasti tidak inginkan smartphone milikimu cepat rusak? Khususnya dalam proses charge baterai smartphone, masalahnya bukan hanya memasang kabel charger dari sumber listrik ke port USB. Sebenarnya kamu harus memperhatikan juga cara ngecas smartphone, dan kapan waktu terbaik untuk ngecas smartphone.

1. Ketika Indikator Baterai Mencapai 10%


Waktu terbaik untuk ngecas baterai smartphone adalah ketika indikator baterai menunjukan angka 10%. Saat itu baterai smartphone akan segera habis, sehingga bisa menampung daya yang cukup tinggi sekaligus membuat proses charge bisa lebih cepat.

waktu-terbaik-untuk-ngecas-smartphone

Usahakan tidak mengisi ulang baterai ketika baterai smartphone sudah habis total, karena bisa membuat proses charge berlangsung lebih lama. Dan tentunya, mengisi ulang baterai smartphone ketika masih penuh akan sia-sia.

2. Pagi Hari


Sebaiknya kamu mengisi ulang baterai smartphone ketika pagi hari setelah bangun tidur. Ngecas smartphone pada malam hari dan meninggalknanya saat tidur bisa berdampak overcharging sehingga dapat menyebabkan baterai smartphone menjadi kembung atau bocor.

waktu-terbaik-untuk-ngecas-smartphone

Alasan utama pagi hari adalah waktu terbaik untuk ngecas baterai smartphone karena kamu bisa charge smartphone sambil melakukan kegiatan rutin pagi seperti mandi, sarapan sebelum melakukan aktivitas lainnya. Hal ini bisa mencegah overcharging, karena kamu bisa fokus menjalankan aktivitas pagimu dan mencabut charger sebelum melakukan aktivitas utama seperti berangkat bekerja atau kuliah.

3. Sesuai Kebutuhan


Terlalu sering mengisi ulang baterai smartphone bisa membuat siklus baterai smartphone cepat habis. Sebaiknya kamu menyesuaikan proses isi ulang baterai, yaitu ketika baterai segera habis dan indikator baterai menunjukan angka 10%.

waktu-terbaik-untuk-ngecas-smartphone

Saat baterai 10% dan di charge sampai 100% itu dihitung satu siklus. Begitupun ketika baterai di charge saat baterai masih tersisa 50% kemudian penuh 100%, akan tetap dihitung satu siklus. Nah, jelas ini tidak efisien, karena biasanya baterai smartphone hanya memiliki 500 sampai 1.000 kali siklus baterai.


Nah, itulah waktu terbaik untuk ngecas smartphone. Masih mau ngcas sembarangan? Agar baterai smartphonemu bisa tetap awet, sebaiknya kamu tetap memperthatikan waktu terbaik untuk ngecas smartphone. Sekian tips dari Kezzy, semoga bisa bermanfaat. Jika kamu punya kritik atau saran, share yuk di kolom komentar, see you!


EmoticonEmoticon