Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Android

- February 07, 2017
advertise here
Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Android - Pada tahun 2008 Google berhasil mengembangkan sebuah sistem operasi yang mampu merubah peta persaingan sistem operasi untuk perangkat mobile, terbukti sistem operasi yang di berinama Android ini menjadi sistem operasi paling poluler saat ini.

Kezz App

Dalam kurun waktu kurang lebih 8 tahun, Android sukses merebut hati penggunanya, bahkan sistem operasi Android tidak hanya digunakan oleh smartphone saja, tapi hingga smartwatch dan smarthome pun menggunakan si robot hijau ini.

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Android


Selain karena di banderol dengan harga yang cukup terjangkau, smartphone Android di gemari karena dukungan aplikasi dan game yang sangat banyak. Tapi, tanpa sadar masih banyak pengguna smartphone Android yang melakukan kesalahan dalam penggunaan smartphone tersebut.


Kesalahan Pengguna Smartphone Android


Jika kamu punya smartphone sebagus dan semahal apapun, tapi sering melakukan kesalahan dalam penggunaannya tetap saja smartphone tersebut akan mudah rusak. Kalau kamu masih sayang sama smartphonemu, sebaiknya hindari beberapa kesalahan berikut yang bisa menyebabkan smartphone Android kamu cepat rusak.

1. Memaikan Smartphone Dalam Keadaan di Cas


Saat sedang asik ngepoin akun sosial media sesorang, eh tiba-tiba baterai smartphonemu habis. Akhirnya kamu terus stalking statusnya sambil mengisi ulang smartphone, karena masih penasaran dengan orang tersebut. Padahal, kebiasaan seperti ini sangat berbahaya lho!

beberapa-kesalahan-pengguna-android

Keseringan menggunakan smartphone untuk aktivitas berat sambil di cas, seperti browsing, main game dan lainnya bisa membuat baterai cepat rusak. Soalnya, aktivitas tersebut bisa membuat umur baterai jadi lebih singkat.

2. Sembarangan Mencabut Charger


beberapa-kesalahan-pengguna-android

Karena terburu-buru, akhirnya kamu asal cabut kabel dari konektor saat sedang di cas. Padahal kebiasaan seperti ini bisa membuat port USB di smartphone kamu mudah kendor. Apalagi kalu kamu punya smartphone dengan USB type-C, yang sangat sensitif.

3. Root Android


Untuk mengakali segala keterbatasan yang ada di smartphone Android, kamu bisa nge-root smartphone Androidmu. Memang dengan melakukan root, kamu bisa dengan leluasa mengotak-atik dan menambah fitur baru di Android. Tapi rooting juga bisa menjadi berbahaya untuk smartphone Androidmu lho!

beberapa-kesalahan-pengguna-android

Seperti yang kamu ketahui proses rooting bisa mengakibatkan garansi smartphone menjadi hilang. Jadi sebaiknya jangan root Android saat masih bisa garansi. Ditambah proses modifikasi sistem di Android mempunyai resiko yang cukup besar, seperti bootloop atau bahkan mati total saat kamu salah instal atau hapus sistem.

4. Menginstal Aplikasi Bajakan Sembarangan


Nah inilah keunggulan menggunakan Android, karena bisa menginstal aplikasi bajakan dengan sangat mudah. Dengan kelebihan ini, kamu bisa saja menginstal aplikasi berbayar secara gratis. Tapi hal ini sangat berbahaya lho!

beberapa-kesalahan-pengguna-android

Jika kamu sering menginstal aplikasi bajakan dari pihak ketiga, besar kemungkinan Android kamu disusupi malware berbahaya. Nah, sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan menginstal aplikasi bajakan di Android.

5. Memasukan Smartphone di Saku Ketat


beberapa-kesalahan-pengguna-android
Kebiasaan menyimpan smartphone di saku celana jeans yang ketat sangat berbahaya untuk layar smartphone, karena bisa mengurangi sensitivitas layar smartphone. Ditambah, pengaruh radiasi saat mengantongi smartphone bisa berdampak buruk untuk kesehatanmu.

6. Jarang Update Aplikasi 


Karena kebanyakan aplikasi yang terinstal, biasanya kamu lupa atau bahkan mengabaikan jika ada notifikasi update. Mungkin alasan paling klasik adalah boros kuota.

beberapa-kesalahan-pengguna-android

Padahal update aplikasi atau OS bisa menutup celah-celah yang ada di Android, sehingga smartphone kamu tetap aman dari serangan hacker maupun malware.


Nah, itulah kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone Android. Jika kamu ingin smartphone Androidmu tetap awet, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Atau mungkin tahu kebiasaan lain yang bisa membuat smartphone cepat rusak? Jika iya, share yuk di kolom komentar. See you!
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search